Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Warga Betawi Berterima Kasih Bang Pitung Jadi Nama Jalan

Rabu 22 Jun 2022 01:10 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Dicky Zulkarnaen pemeran Pitung dalam film berjudul Si Pitung (1970) yang disutradarai Nawi Ismail. Masyarakat berterima kasih pahlawan Betawi dijadikan nama jalan

Dicky Zulkarnaen pemeran Pitung dalam film berjudul Si Pitung (1970) yang disutradarai Nawi Ismail. Masyarakat berterima kasih pahlawan Betawi dijadikan nama jalan

Foto: Youtube
Warga Betawi berterima kasih karena menjadikan Bang Pitung sebagai nama jalan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat Betawi menyatakan berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena mengabadikan pahlawan dari Betawi, Bang Pitung menjadi nama jalan.

"Masyarakat Betawi mengapresiasi dan berterima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta, yang mengembalikan ingatan publik terhadap tokoh-tokoh yang namanya diabadikan menjadi nama jalan," kata Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), Beky Mardani saat dihubungi di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga

Menurut Bekky, masyarakat terutama anak muda saat ini perlu mengenal para pahlawan Betawi yang dahulu berjuang demi kemerdekaan bangsa. Hal tersebut diperlukan agar eksistensi para pahlawan di masa lalu tidak hilang ditelan zaman.

Becky berharap dengan menjadikan nama pahlawan sebagai nama jalan dapat memberikan motivasi warga untuk melanjutkan perjuangan para tokoh Betawi dalam berbagai bidang.

Pemerintah Kota Jakarta Barat mengabadikan nama seorang pahlawan Betawi, Bang Pitung, di sebuah jalan di kawasan Rawa Belong untuk menghormati jasa pahlawan tersebut.

"Jangan biarkan nama-nama yang sudah berjasa di kita ini dilupakan, kita perlu teladan dan contoh baik dari orang-orang sebelum kita," kata Kepala Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Barat (Jakbar) Ahmad Syaropi .

Baca juga : Anies Resmikan 22 Nama Jalan dengan Nama Tokoh Betawi

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA