Selasa 21 Jun 2022 14:44 WIB

Bupati Mojokerto Ingatkan Calon Jamaah Haji Penyebaran Covid-19

Terjadi sedikit kenaikan dari penularan Covid-19 yang disebabkan mutasi.

Ilustrasi calon jamaah haji. Jamaah haji berjalan menuju bus saat pelepasan di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (17/6/2022). Bupati Mojokerto Ingatkan Calon Jamaah Haji Penyebaran Covid-19
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ilustrasi calon jamaah haji. Jamaah haji berjalan menuju bus saat pelepasan di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (17/6/2022). Bupati Mojokerto Ingatkan Calon Jamaah Haji Penyebaran Covid-19

IHRAM.CO.ID, MOJOKERTO -- Bupati Mojokerto Jawa Timur Ikfina Fahmawati mengingatkan calon jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci mewaspadai penyebaran virus Covid-19.

"Kami meminta kepada jamaah calon haji tetap waspada terkait dengan penularan Covid-19," katanya dalam pernyataan, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga

Ia menyampaikan itu saat pembekalan persiapan jamaah calon haji yang dikemas dalam agenda pelepasan jamaah calon haji Kabupaten Mojokerto 2022, Senin (20/6/2022). Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di dampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko turut hadir dalam agenda tersebut yang berlangsung di Pendopo Graha Maja Tama (GMT).

Menurut dia, terjadi sedikit kenaikan dari penularan Covid-19 yang disebabkan mutasi varian Omicron. "Jadi varian Omicron itu bermutasi lagi dan mutasinya ada dua, yakni BA4 dan BA5. Jadi Omicron BA4 dan BA5 ini kemudian menyebar dari penularan Covid-19 yang beberapa minggu terakhir ini sedikit banyak tetapi perlahan," katanya.

Masih dalam upaya mencegah penularan Covid-19, ia juga meminta kepada jamaah calon haji yang mempunyai penyakit degeneratif (darah tinggi, kencing manis, kolesterol, asam urat) dalam melaksanakan ibadah haji maupun aktivitas di luar ibadah, selalu menggunakan masker dengan benar.

Risiko orang dengan penyakit degenaratif terpapar Covid-19 berpotensi cukup besar. "Saya minta tolong selain membawa surat-surat jangan lupa selalu membawa cairan pembersih tangan. Sehingga sebelum memegang muka, termasuk sebelum mengambil air wudhu saya minta tolong tangannya dikasih cairan pembersih tangan," katanya.

Ia juga meminta calon jamaah haji selalu menjaga kesehatannya dalam melaksanakan ibadah haji karena pada saat ini suhu udara di negara Arab Saudi cukup tinggi. "Ketika berada pada suhu yang tinggi maka yang harus diwaspadai adalah kekurangan cairan atau dehidrasi," katanya.

Di akhir sambutannya, ia mendoakan agar selalu diberi kelancaran dalam melaksanakan ibadah haji. "Semoga selalu diberikan kelancaran sampai kembali pulang dengan membawa berkah nikmat haji mabrur," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement