Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Rizal Ramli Minta Erick Benahi Model Bisnis Garuda Indonesia

Selasa 21 Jun 2022 08:27 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Menteri BUMN, Erick Thohir. Mantan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli memuji kepiawaian Menteri BUMN Erick Thohir dalam menyelamatkan PT Garuda Indonesia (Persero). Rizal menilai tangan dingin Erick berhasil meyakinkan para kreditur untuk menyepakati perdamaian (homologasi) dengan antara Garuda dalam pemungutan suara atau voting dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Menteri BUMN, Erick Thohir. Mantan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli memuji kepiawaian Menteri BUMN Erick Thohir dalam menyelamatkan PT Garuda Indonesia (Persero). Rizal menilai tangan dingin Erick berhasil meyakinkan para kreditur untuk menyepakati perdamaian (homologasi) dengan antara Garuda dalam pemungutan suara atau voting dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Foto: istimewa
Rizal Ramli sebut ikut bahagia ke Erick Thohir terkait penyelamatan Garuda Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli memuji kepiawaian Menteri BUMN Erick Thohir dalam menyelamatkan PT Garuda Indonesia (Persero). Rizal menilai tangan dingin Erick berhasil meyakinkan para kreditur untuk menyepakati perdamaian (homologasi) dengan antara Garuda dalam pemungutan suara atau voting dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

"Erick Thohir dan management Garuda, selamat atas keberhasilan negosiasi utang Garuda. Major achievement. Ikut bahagia," ujar Rizal dalam akun Twitter, @RamliRizal pada Ahad (19/6).

Baca Juga

Rizal berharap upaya penyelamatan Garuda tidak hanya berhenti di sini. Rizal mendorong Erick terus melakukan pembenahan secara menyeluruh dalam tubuh maskapai pelat merah tersebut, termasuk dengan memperbaiki model bisnis.

"Semoga tidak terulang pembelian-pembelian atau leasing pesawat dengan mark up. Tingkatkan efisiensi operasional dan route management," kata Rizal.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, proses ini menjadi penentu kesepakatan perdamaian (homologasi) antara Garuda dengan kreditur.

"Hari ini adalah momen penting bagi kami, karena salah satu BUMN yang menjadi entitas kebanggan bangsa, Garuda Indonesia, telah menyelesaikan pemungutan suara dalam proses PKPU," ujar Erick di Jakarta, Jumat (17/6).

Erick bersyukur voting ini mendapatkan respons positif dari mayoritas kreditur yang ikut serta dalam proses PKPU. Berdasarkan hasil rekapitulasi voting, lanjut Erick, insya Allah Garuda dapat mencapai threshold suara yang menjadi syarat homologasi. Erick menyebut hasil ini tak lepas dari kerja keras dan dukungan banyak pihak, baik internal maupun eksternal.

"Proyeksi positif yang kami terima hari ini tidak terlepas dari hasil kerja keras seluruh jajaran manajemen, karyawan, serta tim konsultan pendamping yang lebih dari tujuh bulan menjalin komunikasi intensif dengan para kreditur. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para kreditur yang telah mendukung Garuda hingga ke titik ini," ucap Erick.

Erick berharap dukungan ini akan terus mengalir hingga tahap di mana Garuda mulai melaksanakan langkah-langkah strategis yang telah dirancang dalam rencana bisnis ke depan. Hal ini akan menjadikan Garuda sebagai entitas bisnis yang lebih agile, adaptif dan berdaya saing.

"Kami tidak lupa menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang terus percaya pada Garuda Indonesia, khususnya di masa yang penuh tantangan ini untuk memberikan pelayanan penerbangan terbaik," lanjut Erick.

Erick mengatakan, Garuda Indonesia berkomitmen menjalankan misi menjadi platform penggerak ekonomi bangsa dan melalui peran esensialnya sebagai penyedia akses konektivitas bagi aktivitas ekonomi, pariwisata hingga sosial dan budaya bagi masyarakat Indonesia.

"Perkembangan positif ini datang di momentum yang tepat, saat dunia telah mulai bangkit dan beradaptasi dengan pandemi, ekonomi hidup kembali dan orang-orang mulai bepergian. Dengan terus bekerja sama dan saling mendukung, ke depannya kita dapat menantikan Garuda terbang lebih tinggi," kata Erick menambahkan.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA