Sabtu 18 Jun 2022 12:03 WIB

Rencana Pembangunan Kembali Masjid Bolton Akhirnya Disetujui

Masjid akan diperluas menjadi tiga lantai.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi desain pembangunan kembali Masjid Makkah di Boston, Inggris. Rencana Pembangunan Kembali Masjid Bolton Akhirnya Disetujui
Foto: About Islam
Ilustrasi desain pembangunan kembali Masjid Makkah di Boston, Inggris. Rencana Pembangunan Kembali Masjid Bolton Akhirnya Disetujui

REPUBLIKA.CO.ID, BOLTON -- Rencana pembangunan kembali Masjid Makkah di Bolton yang pertama kali diusulkan empat tahun lalu akhirnya disetujui. Keputusan tersebut memberikan harapan bagi komunitas Muslim untuk perluasan rumah ibadah.

 

Baca Juga

Dilansir About Islam, Rabu (15/6/2022), komunitas Muslim pertama kali membuat rencana untuk menghancurkan dan membangun kembali Masjid Makkah di Grecian Crescent, Bolton, Inggris pada Desember 2018. Dengan kubah, menara, dan mushala yang lebih tinggi, fasilitas pendidikan dan komunitas tiga lantai itu disetujui pada 6 Juni.

 

“Sudah berlangsung sangat lama, jadi saya senang sekarang telah disetujui dan akhirnya akan terwujud. Ini akan menjadi proyek yang sangat besar, namun ini merupakan kabar baik bagi masyarakat. Ketika selesai, masjid akan sangat bagus, akan menjadi indah,” ujar perwakilan area di Dewan Bolton Mohammed Ayub kepada The Bolton News.

 

Dia menambahkan telah menggunakan gedung sekolah tua yang tidak ideal untuk tujuan keagamaan. Tapi begitu selesai, gedung baru ini akan memenuhi standar.

Masjid Makkah bukanlah yang pertama dihancurkan dan dibangun kembali di Bolton untuk menampung populasi Muslim. Pada 2018, pembangunan Taiyabah Islamic Center dimulai untuk menampung 1.500 jamaah. Masjid tersebut merupakan perluasan dari masjid Taiyabah saat ini yang dibangun pada 1967.

 

Menurut Daily Mail, Inggris memiliki 1.500 masjid pada Maret 2018. Masjid-masjid Inggris berkisar dari konversi rumah sederhana untuk kelompok-kelompok kecil hingga struktur yang dibangun dengan tujuan megah dan megah yang dapat menampung ribuan orang.

 

Masjid pertama yang tercatat di Inggris didirikan di sebuah rumah bertingkat Georgia di Liverpool pada 1889. Masjid itu tidak didirikan oleh imigran Muslim melainkan oleh sekelompok 20 orang Inggris yang masuk Islam yang dipimpin oleh seorang pengacara lokal bernama Abdullah William Quilliam.

https://aboutislam.net/muslim-issues/europe/bolton-major-mosque-rebuilding-plan-finally-approved/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement