Rabu 15 Jun 2022 17:54 WIB

Menteri Bappenas Apresiasi Bayer Indonesia Raih SBA Indonesia

Bayer juga dinilai menunjukan tata kelola perusahaan yang baik.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memberi ucapan selamat atas penghargaan yang didapatkan Bayer Indonesia.
Foto: Istimewa
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memberi ucapan selamat atas penghargaan yang didapatkan Bayer Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bayer Indonesia meraih penghargaan Sustainability Business Awards (SBA) Indonesia. Dalam penghargaan SBA 2022 yang mencakup periode 2020-2021, perusahaan global dengan kompetensi di bidang kesehatan dan pertanian tersebut memenangkan bidang Sustainability Strategy, Business Ethics & Responsibility, UN SDGs.

Presiden Direktur Bayer Indonesia, Kinshuk Kunwar menjelaskan, perseroan yang dipimpinnya mencapai significant achievement dalam menjalankan inisiatif keberlanjutan. Inisiatif Bayer tersebut ditujukan untuk memberdayakan petani lahan kecil dan petani perempuan yang dilengkapi dengan program kesehatan seperti mitigasi Covid-19, nutrisi, dan keluarga berencana.

Bayer juga dinilai menunjukan tata kelola perusahaan yang baik dengan penerapan kebijakan kepatuhan perusahaan kepada seluruh karyawannya dan secara transparan mengungkapkan secara terbuka kepada publik mengenai asesmen keamanan produknya.

Menurut Kinshuk, sejalan dengan perusahaan, yaitu 'Health for All, Hunger for None', Bayer Indonesia berfokus menjalankan strategi bisnis berkeberlanjutan yang berkontribusi membantu terwujudnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang telah ditetapkan PBB. "Utamanya untuk memberantas kelaparan (TPB2) dan memberikan akses kesehatan (TPB3)," kata Kinshuk dalam siaran di Jakarta, Rabu (15/6/2022).

SBA diselenggarakan oleh Global Initiatives sejak 2012 yang memberikan penghargaan berkelanjutan terkemuka di kawasan Asia. Penghargaan tersebut berlangsung secara tahunan di lima negara, yaitu Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Thailand. SBA merupakan satu-satunya platform penghargaan yang paling komprehensif karena peserta dinilai dalam 12 kategori yang mewakili berbagai dimensi keberlanjutan.

"Selain itu kami juga berupaya untuk mengakhiri kemiskinan (TPB1), serta membantu perempuan untuk berdaya (TPB 5). Di samping itu, kami senantiasa menjunjung etika dan bertanggung jawab dalam menjalankan kegiatan usaha dan interaksi dengan para pemangku kepentingan kami," ucap Kinshuk melanjutkan.

Acara penghargaan dihadiri oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa, yang memberi selamat atas komitmen perusahaan tersebut sehingga meraih penghargaan.

Proses penilaian dilakukan oleh PriceWaterhouseCoopers (PwC) selaku Knowledge Partner dari SBA. Hasil penilaian dipresentasikan kepada penasihat nasional independen (national advisory panel) di setiap negara, yang terdiri dari individu terkemuka. Di Indonesia, pelaksanaan SBA 2022 melibatkan Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin).

Bertindak sebagai penasihat nasional independen, yaitu Penasihat Senior Menteri Bappenas Vivi Yulaswati, pendiri Yayasan Kehati Erna Witoelar, Pemimpin Redaksi The Jakarta Post Taufiq Rahman, eks Wakil Menteri Perdagangan dan Pertanian Bayu Krisnamurthi, serta Ketua IBSCD Sihol Aritonang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement