Rabu 15 Jun 2022 17:09 WIB

Sleman Lepas Keberangkatan Calon Jamaah Haji

Jumlah calhaj Sleman yang berangkat tahun ini sebanyak 555 orang.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Para calon jamaah haji asal Kabupaten Sleman yang bersiap berangkat ke Tanah Suci.
Foto: Wahyu Suryana
Para calon jamaah haji asal Kabupaten Sleman yang bersiap berangkat ke Tanah Suci.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Purnomo, melepas keberangkatan calon jamaah haji dari Kabupaten Sleman 2022. Secara simbolis, 354 jamaah kelompok terbang (kloter) 18 SOC dilepas di Masjid Agung dr Wahidin Soedirohoesodo Sleman.

Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, untuk efisiensi waktu maka tahun ini acara pamitan sekaligus dirangkaikan bersama pelepasan atau pemberangkatan. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kajari Sleman, Widagdo, dan Sekda Sleman, Harda Kiswaya.

Dalam sambutannya, Kustini menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah haji kepada calon jamaah Haji Kabupaten Sleman 2022. Ia turut mengajak calon jamaah haji untuk selalu memanjatkan rasa syukur karena dapat berangkat tahun ini.

Sebab, selama dua tahun terakhir perjalanan haji harus tertunda akibat pandemi Covid-19. Ia berpesan kepada seluruh calon jamaah haji sekalian untuk selalu menjaga kesehatan karena perbedaan kondisi geografis Indonesia dan Arab Saudi.

 

"Oleh karena itu, persiapkan agar ibadah haji bapak ibu sekalian dapat lancar dan mabrur," kata Kustini, Rabu (15/6/2022).

Selain itu, Kustini mendoakan calon jamaah haji untuk selalu dibekali Allah SWT dengan takwa, dimaafkan dosa-dosanya, dimudahkan dimanapun calon jamaah haji berada. Serta, nantinya dapat kembali pulang ke Tanah Air sebagai haji mabrur.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kabupaten Sleman 2022, Mustadi menilai, tujuan dari digelarnya pamitan dan pelepasan calon jamaah haji ini untuk mohon doa restu. Sekaligus, agar calon jamaah haji mendapat arahan langsung Bupati Sleman.

"Memohon doa restu sekaligus arahan dari Bupati Sleman beserta jajaran agar calon jamaah haji Kabupaten Sleman 2022 diberikan kesehatan, kelancaran, kemabruran dan mengharumkan nama Indonesia dan Sleman," ujarnya.

Secara garis besar, jumlah calon jamaah haji Sleman yang berangkat tahun ini sebanyak 555 orang. Terbagi dalam tiga kloter dengan rincian kloter 18 SOC sebanyak 354 orang, kloter 21 SOC 170 orang, dan kloter 43 SOC 31 orang.

Dari tiga kloter tersebut akan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama kloter 18 dan kloter 21 akan diberangkatkan dari Sleman 15 Juni dan 17 Juni. Gelombang dua kloter 43 diberangkatkan dari Sleman pada 2 Juli 2022 mendatang.

"Untuk rencana pemulangan awal kloter 18 SOC dijadwalkan 28 Juli 2022, kemudian kloter 21 pada 30 Juli 2022 dan pemulangan terakhir kloter 43 pada 14 Agustus 2022," kata Mustadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement