Selasa 14 Jun 2022 04:24 WIB

Kedubes AS dan Walt Disney Gelar Kelas Animasi Ulas Produksi "Mira, Royal Detective"

Salah satu episode Mira Royak Detective mengisahkan Idul Fitri

Rep: shelbi asrianti/ Red: Hiru Muhammad
The Walt Disney Company berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia telah menyelenggarakan masterclass untuk para animator, kreator, dan pelajar akhir pekan silam. Acara berdurasi 90 menit tersebut diselenggarakan secara hybrid.
Foto: dok the walt disney company
The Walt Disney Company berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia telah menyelenggarakan masterclass untuk para animator, kreator, dan pelajar akhir pekan silam. Acara berdurasi 90 menit tersebut diselenggarakan secara hybrid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- The Walt Disney Company berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia telah menyelenggarakan masterclass untuk para animator, kreator, dan pelajar akhir pekan silam. Acara berdurasi 90 menit tersebut diselenggarakan secara hybrid.

Acara bertempat di @america sekaligus diadakan secara virtual untuk peserta yang ada di seluruh Indonesia. Materi yang disampaikan mengulas proses kreatif di balik pembuatan episode Idul Fitri dari serial animasi Disney Junior "Mira, Royal Detective".

Baca Juga

Kegiatan edukatif tersebut membahas pentingnya kolaborasi, representasi, dan autentisitas dalam menciptakan dunia fiksi Jalpur yang ditampilkan dalam serial. Tiga narasumber yang hadir yaitu produser eksekutif serial, Sascha Paladino, komposer serial, Amritha Vaz, dan konsultan budaya Rhonda Ragab.

Produser eksekutif Sascha Paladino dan timnya ingin berbagi pengalaman dari perjalanan kreatif di balik pembuatan serial. Dia menjelaskan bagaimana peneliti, konsultan, serta pengalaman pribadi para kreator memiliki peranan penting dalam produksi "Mira, Royal Detective".

"Masterclass ini merupakan selebrasi dari budaya dan orang-orang yang mengilhami serial pertama di Disney Junior yang menampilkan protagonis Asia Selatan," ucap Sascha lewat pernyataan resminya.

Serial "Mira, Royal Detective" tayang perdana pada 2021. Serial dianggap memiliki relevansi yang besar bagi peserta webinar yang disasar di Indonesia, terutama terkait salah satu episodenya yang menggambarkan cerita Idul Fitri dan ditayangkan bertepatan dengan hari raya terbesar bagi umat Islam tersebut. 

Rhonda Ragab yang memberikan konsultasi tentang referensi budaya Muslim berharap episode berjudul "The Eid Mystery" itu dapat menjadi representasi autentik. Sekaligus, meningkatkan pemahaman tentang tradisi dan kebiasaan umat Muslim yang indah kepada warga dunia. "Sebagai seorang Muslim, merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk membantu membuat representasi umat Islam di dalam serial ini," kata Rhonda.

Tim kreatif "Mira, Royal Detective" meyakini elemen musik turut menentukan dinamika cerita serta menciptakan kesan mendalam. Alat musik tradisional asal India dengan indah menyatu di dalam elemen suara dan musik asli serial ini, serta ada keterlibatan beberapa musisi Muslim dalam penciptaan musiknya.

"Waktu itu saya benar-benar tidak sabar untuk membawa kedalaman, kompleksitas, dan keseruan musik Asia Selatan ke panggung story telling Disney yang luar biasa. Berbeda dari kolaborasi yang pernah saya lakukan, dalam pengalaman saya mengerjakan episode ini, saya tergugah untuk menggali musiknya lebih dalam lagi, seperti musik Qawwali yang menjadi fokus kami di episode Idul Fitri," ujar Amritha selaku komposer.

Masterclass dihadiri oleh peserta dari berbagai kota di Indonesia. Kegiatan masterclass keempat yang diselenggarakan oleh The Walt Disney Company itu bertujuan membantu mengembangkan kemampuan komunitas kreatif di Indonesia di bidang animasi, juga memberikan referensi inspiratif bagi kreator profesional dan pelajar Indonesia agar dapat menciptakan story telling dan konten animasi yang tajam.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement