Sabtu 11 Jun 2022 20:19 WIB

Tips Liburan Saat Pandemi Covid-19 Ala Wisatawan di Yogyakarta

Ia juga berharap agar tiket masuk ke lokasi wisata tidak terlalu mahal.

Rep: c01/ Red: Fernan Rahadi
Beberapa wisatawan mulai memasuki tempat wisata Benteng Vredeburg, Yogyakarta pada Sabtu (11/6/2022).
Foto: Fitria Nurochimah
Beberapa wisatawan mulai memasuki tempat wisata Benteng Vredeburg, Yogyakarta pada Sabtu (11/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan pelonggaran penggunaan masker pada area terbuka yang tidak padat orang. Kebijakan ini memberikan angin segar khususnya bagi sektor wisata. Tempat-tempat wisata di Yogyakarta sudah mulai kembali di buka untuk umum. Beberapa wisatawan berbagai tips untuk bisa berlibur di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai dengan aman.

Salah satu wisatawan di Benteng Vredeburg, Yogyakarta Afni Abrar (39) mengatakan tips penting yang tidak boleh dilupakan wisatawan saat berlibur, yaitu tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan.

“Yang jelas tetap prokes walaupun sudah ada kebijakan dari pemerintah kelonggaran ya (penggunaan masker-Red). Mengingat, takutnya ada varian Covid baru lagi. Kalau wisatawan yang berkunjung itu sebisa mungkin menjaga kebersihan area wisata karena pemerintah udah menempatkan tempat-tempat sampah. Jadi, jangan buang sampah sembarangan. Tertib intinya,” ujar Afni saat di temui di Benteng Vredeburg,  Sabtu (11/6/2022).

Afni juga menuturkan ini adalah kali pertamanya ia berlibur selama masa pandemi Covid-19. Menurutnya, penerapan protokol kesehatan di tempat wisata tersebut sudah bagus. Sebelum memasuki loket, para wisatawan terlebih dulu harus mengecek suhu tubuh. Tidak jauh dari tempat pengecekan, juga sudah disediakan tempat cuci tangan ataupun hand sanitizer.

 

Kesan Afni saat pertama kali mengunjungi tempat wisata ini adalah merasa adem karena banyak pepohonan dan bersih. Selain berlibur, tujuan lain Afni datang ke Benteng Vredeburg adalah untuk mengikuti kegiatan Yogya Yoga Festival. Acara ini merupakan acara untuk umum yang bertujuan untuk memberikan pemulihan mental dalam menghadapi era normal pasca-pandemi.

Tips lain yang disampaikan oleh Afni ketika ingin berlibur yaitu para wisatawan sebaiknya menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit ketika beraktivitas di luar ruangan.

“Minum air putih yang banyak, buah-buahan, sayur. Pola makannya yang sehat. Jangan terlalu banyak junk food, olahraga juga. Seperti yang tadi kan, yoga tidak harus mengeluarkan tenaga yang ekstra, cukup merilekskan badan agar tubuh fit,” jelas Afni.

Sementara itu, wisatawan lain yang tengah berlibur di kawasan Malioboro, Dilla Fadilah (20) asal Cirebon juga memberikan tips kepada para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan selama masa pandemi Covid-19.

“Jangan lupa bawa hand sanitizer, masker pastinya. Aplikasi PeduliLindungi juga dipersiapkan, walaupun sudah nggak dibutuhkan banget untuk masuk tempat wisata tetapi masih dibutuhkan untuk lihat data-data Covid di sekitar kita,” kata Dilla saat ditemui di kawasan Malioboro pada Sabtu siang.

Ia juga mengatakan merasa senang dengan adanya kebijakan pelonggaran penggunaan masker karena dapat kembali berwisata. Perjalanannya dari Cirebon menuju Yogyakarta juga tidak lagi memerlukan surat keterangan bebas Covid-19 dengan catatan sudah mendapatkan vaksin sebanyak tiga kali.

Sebagai wisatawan, Dilla berharap ke depannya, tempat-tempat wisata di Yogyakarta dapat lebih berkembang. Selain itu, ia juga berharap agar tiket masuk ke lokasi wisata tidak terlalu mahal. Sedangkan harapan Afni lebih kepada adanya pembukaan jalan kembali yang sempat ditutup untuk kepentingan satu arah supaya lebih mudah untuk menjangkau tempat wisata.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement