Sabtu 11 Jun 2022 16:39 WIB

BRIN: Kebun Raya Bantu Atasi Masalah Kehilangan Biodiversitas

Indonesia alami kehilangan biodiversitas meskipun terjadi penurunan deforestasi.

Ilustrasi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Kebun raya memainkan peranan penting untuk membantu Indonesia mengatasi masalah kehilangan biodiversitas.
Foto: ARIF FIRMANSYAH/ANTARA
Ilustrasi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Kebun raya memainkan peranan penting untuk membantu Indonesia mengatasi masalah kehilangan biodiversitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia masih mengalami masalah kehilangan biodiversitas meskipun telah terjadi penurunan tingkat deforestasi hutan yang signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena itu, kebun raya memainkan peranan penting untuk membantu Indonesia mengatasi masalah kehilangan biodiversitas. 

"Aktivitas konservasi yang progresif yang dilakukan kebun raya, menjadi solusi dalam menanggulangi biodiversity lost (kehilangan biodiversitas)," kata Pelaksana tugas Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) R Hendrian dalam keterangan di laman resmi BRIN di Jakarta, Sabtu (11/6/2022).

Baca Juga

Menurut dia, pembangunan kebun raya sangat selaras dengan semangat ekonomi hijau yang sedang digaungkan. Kebun raya berperan tidak hanya sekadar untuk melestarikan keanekaragaman tumbuhan, tetapi juga mendorong riset untuk pemanfaatan keanekaragaman tumbuhan secara berkelanjutan.

"Perhatian pada aspek pemanfaatan perlu lebih ditingkatkan, khususnya untuk memberi kontribusi yang lebih signifikan pada pembangunan nasional," katanya.

Sebagai lembaga pemerintah yang memberikan pembinaan substantif kepada kebun raya di seluruh Indonesia, saat ini BRIN telah membina sebanyak 45 kebun raya, baik yang dikelola oleh BRIN, pemerintah daerah maupun perguruan tinggi. Ia menambahkan pengelolaan kebun raya merupakan satu pekerjaan jangka panjang, yang mana manfaatnya tidak dapat serta merta dirasakan secara instan.

Untuk itu, kata dia, diperlukan visi dan komitmen kuat, konsistensi, serta stamina luar biasa dari pengelola dan seluruh pemangku kepentingan untuk menjaga keberlangsungan pengelolaan kebun raya. "Komitmen jangka panjang adalah prasyarat yang tidak dapat ditawar," kata Hendrian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement