Jumat 10 Jun 2022 00:34 WIB

Teleskop James Webb Kena Serangan Mikrometeoroid, Berbahaya?

Teleskkop James Webb mengalami empat kali serangan mikrometeorid tak terduga.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
 Foto ini disediakan oleh NASA, Teleskop Luar Angkasa James Webb dipisahkan di luar angkasa pada Sabtu, 25 Desember 2021. Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA melonjak dari Guyana Prancis di pantai timur laut Amerika Selatan, mengendarai roket Ariane Eropa ke langit pagi Natal. Observatorium inframerah senilai $ 10 miliar dimaksudkan sebagai penerus Teleskop Luar Angkasa Hubble yang menua.
Foto: AP/NASA
Foto ini disediakan oleh NASA, Teleskop Luar Angkasa James Webb dipisahkan di luar angkasa pada Sabtu, 25 Desember 2021. Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA melonjak dari Guyana Prancis di pantai timur laut Amerika Selatan, mengendarai roket Ariane Eropa ke langit pagi Natal. Observatorium inframerah senilai $ 10 miliar dimaksudkan sebagai penerus Teleskop Luar Angkasa Hubble yang menua.

REPUBLIKA.CO.ID, MARYLAND -- Teleskop Luar Angkasa James Webb baru-baru ini mengalami serangan mikrometeoroid di salah satu dari 18 segmen cermin utamanya. Para insinyur menyatakan dampak dari mikrometeorid ini menimbulkan kerusakan yang minimal. 

Teleskop Webb adalah observatorium ruang angkasa paling kuat yang pernah digunakan. Teleskop ini akan segera mulai mengintip ke luar angkasa dalam upaya untuk mempelajari lebih lanjut tentang asal-usul alam semesta.

Baca Juga

Misi multi-tahun senilai 10 miliar dolar Amerika Serikat (AS)  ini adalah hasil kemitraan antara Badan Antariksa Amerika (NASA), Badan Antariksa Eropa (ESA), Badan Antariksa Kanada (CSA) dan telah dibuat selama beberapa dekade.

Meskipun normal bagi pesawat ruang angkasa untuk mengalami peristiwa benturan seperti ini, NASA mencatat bahwa mikrometeoroid yang menabrak teleskop antara 25 Mei dan 27 Mei, lebih besar daripada yang diperkirakannya saat memodelkan peristiwa itu sebelum peluncuran misi pada Desember 2021.

Analisis kerusakan pada segmen cermin sedang berlangsung. Namun, NASA mengatakan indikasi awal adalah bahwa teleskop terus bekerja pada tingkat yang melebihi semua persyaratan misi meskipun ada efek yang sedikit terdeteksi dalam data.

Paul Geithner, wakil manajer proyek teknis di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, mengatakan pihaknya tahu bahwa Webb harus menghadapi lingkungan luar angkasa. Lingkungan luar angkasa itu meliputi sinar ultraviolet yang keras, partikel bermuatan dari matahari, sinar kosmik dari sumber-sumber eksotis di galaksi, dan serangan sesekali oleh mikrometeoroid di tata surya.

“Kami merancang dan membangun Webb dengan margin kinerja optik, termal, listrik, mekanik untuk memastikannya dapat melakukan misi sains yang ambisius bahwa setelah bertahun-tahun di luar angkasa,” ujar Geithner, dilansir dari Digital Trends, Kamis (9/6/2022).

Teleskop, yang sekarang berada di tempat pengamatannya sekitar satu juta mil dari Bumi, telah mampu menyesuaikan segmen yang terpengaruh sedemikian rupa sehingga menghilangkan sebagian distorsi yang disebabkan oleh dampak mikrometeoroid.

Untuk menghindari serangan semacam itu, NASA dapat menginstruksikan pesawat ruang angkasa untuk melakukan manuver pelindung yang memindahkan optik halus teleskop menjauh dari hujan meteor yang diketahui menuju ke arahnya.

Namun, NASA mencatat bahwa hantaman baru-baru ini adalah "peristiwa kebetulan yang tidak dapat dihindari" yang bukan merupakan bagian dari hujan meteor. NASA telah membentuk tim insinyur khusus untuk memeriksa apakah ada cara yang dapat membantu pesawat ruang angkasa untuk mengurangi efek benturan mikrometeoroid di masa depan dalam skala ini.

 

“Sejak diluncurkan, kami memiliki empat serangan mikrometeoroid terukur yang lebih kecil yang konsisten dengan harapan dan yang ini baru-baru ini lebih besar dari perkiraan prediksi degradasi kami. Kami akan menggunakan data penerbangan ini untuk memperbarui analisis kinerja kami dari waktu ke waktu dan juga mengembangkan pendekatan operasional untuk memastikan kami memaksimalkan kinerja pencitraan Webb sebaik mungkin selama bertahun-tahun yang akan datang," kata Lee Feinberg, manajer elemen teleskop optik Webb di NASA Goddard.

Ukuran mikrometeoroid jelas merupakan kejutan bagi tim Webb. Namun, desain teleskop telah memastikan bahwa teleskop dapat terus berfungsi seperti yang diharapkan.

Tim misi akan merilis gambar pertama teleskop pada bulan Juli ketika para ilmuwan berusaha menggunakan observatorium yang kuat untuk membuka beberapa rahasia alam semesta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement