Kamis 09 Jun 2022 14:31 WIB

Punya Minat di Bidang Olah Raga? Ini Jurusan Kuliah yang Cocok Buat Kamu

Dunia olah raga bukan hanya soal permainan dan perlombaan

Bagi yang ingin menekuni bidang olah raga selain menjadi atlet, ada sejumlah jurusan kuliah yang berkaitan dengan bidang olah raga.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Bagi yang ingin menekuni bidang olah raga selain menjadi atlet, ada sejumlah jurusan kuliah yang berkaitan dengan bidang olah raga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi kamu yang hobi berolah raga dan tertarik dengan bidang kesehatan jasmani, jurusan kuliah ini mungkin cocok buat kamu. Dunia olah raga bukan hanya soal permainan dan perlombaan, tetapi juga berkaitan dengan banyak hal seperti kesehatan, hiburan dan bahkan bisnis.

Menurut Rektor Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Dr Ir Moch Wahyudi, bakat dan minat dibidang apa pun yang dimiliki dari lulusan perguruan tinggi, tentunya memiliki  peran yang sangat besar dan bermanfaat kedepannya.  

Baca Juga

“Generasi muda akan menjadikan kuliah sebagai solusi untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang luas. Kuliah juga bisa membantu untuk meraih karier yang lebih baik. Dengan berkuliah, generasi muda akan mendapatkan banyak sekali manfaatnya,” katanya.

Bagi kamu yang ingin menekuni bidang olah raga selain menjadi atlet, berikut ini daftar jurusan kuliah yang berkaitan dengan bidang olah raga:

1. Pendidikan kepelatihan olah raga

Pertama ada jurusan Pendidikan Kepelatihan Olah raga. Dengan masuk ke jurusan ini berarti tujuan kamu sudah jelas yaitu untuk menjadi guru atau pelatih profesional di tingkat nasional.

Kamu juga akan mempelajari konsep-konsep pendidikan, menyusun strategi kepelatihan, menyelenggarakan kompetisi atau perlombaan dan memahami aturan dalam perlombaan bidang olah raga.

2. Psikologi klinis

Bidang terapan ilmu psikologi ini, akan mempelajari kesulitan serta rintangan emosi yang dialami manusia dan cara menyembuhkannya. Lantas, apa hubungannya psikologi klinis dengan bidang olah raga?

Di saat para atlet merasa down atau stres sebelum menghadapi pertandingan, ada psikolog klinis yang siap membangkitkan mental para mereka. Agar bisa bekerja di sebuah klub olah raga, biasanya harus mendapatkan gelar lebih tinggi dari S1 dan punya pengalaman praktik terlebih dahulu. Kamu bisa memilih jurusan ini di Universitas Surabaya (UBAYA).

3. Jurnalistik

Kamu suka kalo ketemu dengan banyak atlet terkenal dan meliput pertandingan olah raga internasional? Kamu bisa menjadi seorang jurnalis di perusahaan media yang bergerak di bidang olah raga.

Setiap event atau pertandingan olah raga, butuh peran media untuk bisa dikenal oleh masyarakat luas dan menarik banyak pemirsa. Dengan masuk ke jurusan Jurnalistik, kamu akan belajar melakukan reportase, mewawancarai narasumber, mengolah berita, dan menyebarluaskan berita kepada khalayak luas.

Kalau kamu passion di bidang jurnalistik dan olah raga, maka kamu akan banyak dicari. Jika kamu tertarik dibidang Jurnalistik, kamu dapat kuliah di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Jurusan Penyiaran (Broadcasting).

Azwar Munanjar selaku Ketua Program Studi (prodi) Broadcasting Universitas BSI menjelaskan, prodi ini merupakan salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat namun tidak selalu ada di setiap universitas atau perguruan tinggi.  

“Jurusan Broadcasting Vokasi D3 kampus Universitas BSI memiliki visi menjadi prodi penyiaran bermutu dan unggul dalam menghasilkan tenaga ahli madya yang profesional, kreatif, kompetitif dan berjiwa kewirausahaan berbasis teknologi komunikasi dan informasi di era globalisasi tahun 2033,” katanya.

4. Hubungan masyarakat atau PR

Public Relation (PR) memegang peran yang sangat dibutuhkan untuk menjaga citra dan popularitas suatu organisasi, termasuk klub olahraga. Apalagi dalam sebuah event olah raga, biasanya merupakan hiburan yang paling diminati dan ditunggu banyak orang.

Peran humas dibutuhkan untuk menjaga hubungan baik antara atlet atau tim dengan penggemar, sponsor, serta media. Jika kamu tertarik dan ingin mengenal lebih jauh jurusan Public Relation (PR) kamu dapat kuliah di Universitas BSI, Jurusan Public Relation (PR).

5. Manajemen bisnis

Sebuah klub sepak bola, juga bekerja layaknya perusahaan bisnis pada umumnya. Klub butuh mencari sponsor, beriklan, dan juga menjual merchandise untuk menambah pemasukan klub.

Oleh sebab itu, untuk keperluan ini, seorang tenaga ahli dalam bidang manajemen bisnis dibutuhkan agar bisa mengelola semua hal terkait bidang komersil seperti sponsorship. Untuk memiliki basic ilmu manajemen, kamu dapat memilih kuliah jurusan Majemen di Universitas BSI.

Itu tadi beberapa jurusan yang relate dengan kamu si hobi berolah raga. Nyatanya, bekerja sesuai dengan passion sendiri sangat diidamkan bukan? Terlebih saat yang menjadi hobi kita, jadi pekerjaan kita juga. Sangat menyenangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement