Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Rachmat Irianto Sebut Fokus Jadi Kunci Indonesia Taklukkan Kuwait

Kamis 09 Jun 2022 07:47 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah

Gelandang timnas Indonesia Rachmat Irianto (kedua kiri) merayakan golnya ke gawang Kuwait dalam pertandingan Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait City. Kamis (9/6/2022) dini hari WIB. Indonesia mengalahkan Kuwait 2-1.

Gelandang timnas Indonesia Rachmat Irianto (kedua kiri) merayakan golnya ke gawang Kuwait dalam pertandingan Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait City. Kamis (9/6/2022) dini hari WIB. Indonesia mengalahkan Kuwait 2-1.

Foto: Dok PSSI
Rachmat Irianto mencetak gol kemenangan Indonesia atas Kuwait 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, KUWAIT CITY -- Rachmat Irianto jadi bintang timnas Indonesia saat mengalahkan Kuwait dalam laga pembuka Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Pergerakan Rian membuat Indonesia mendapatkan penati yang dieksekusi sempurna oleh Marc Klok pada akhir babak pertama. Kemudian, tendangan tak terlalu keras Rian pada awal babak kedua membuat Indonesia berbalik unggul 2-1 dan akhirnya memenangkan laga di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad, Kuwait City, Rabu (8/6/2022).

Indonesia sempat tertinggal oleh gol Yousef Al Sulaeman. Namun para pemain skuad Garuda cepat merespons sehingga gol penalti Marc Klok menyamakan kedudukan pada babak pertama. Setelah unggul pada awal babak kedua, timnas kemudian digempur habis-habisan hingga laga usai, tapi bisa bertahan dengan baik.

Baca Juga

Rachmat mengatakan, tidak mudah menaklukkan Kuwait dengan panasnya cuaca di Kuwait City. "Sangat sulit bermain di cuaca 40 derajat celcius dan kami kesulitan di babak pertama karena cuaca panas," kata Rian, sapaan Rachmat Irianto usai laga.

Bagi Rian, kunci mempertahankan keunggulan di babak kedua adalah dengan berkonsentrasi. Dia menyebut pelatih terus mengingatkan tim agar tetap fokus di sepanjang perjalanan.

"Pada babak kedua kami bermain mengikuti arahan pelatih bahwa kami harus lebih kerja keras dan punya motivasi untuk memenangkan pertandingan. Alhamdulillah kami sangat bersyukur," kata Rian.

Atas hasil tersebut, Indonesia berada di urutan kedua klasemen Grup A dengan raihan tiga poin. Sebab pada laga setelahnya Yordania menaklukkan Nepal 2-0. Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Nepal di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad, Ahad (12/6/2022) dini hari WIB.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA