Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

‘Keajaiban Alquran Perkenalkan Indahnya Seni Kaligrafi Islam’ 

Rabu 08 Jun 2022 09:03 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Kaligrafi Alquran (Ilustrasi). Alquran merupakan sumber inspirasi seni kaligrafi Islam

Kaligrafi Alquran (Ilustrasi). Alquran merupakan sumber inspirasi seni kaligrafi Islam

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Alquran merupakan sumber inspirasi seni kaligrafi Islam

REPUBLIKA.CO.ID, RAWALPINDI – Dewan Seni Punjab menyelenggarakan pameran kaligrafi Islam dari seniman muda Ammarah Afhseen di Rawalpindi, Pakistan. Lebih dari 50 kaligrafi Amaarah Afsheen ditampilkan dalam pameran tersebut. Acara teesebut diresmikan langsung Senator Menteri Federal untuk Negara Bagian dan Wilayah Perbatasan (SAFRON) Muhammad Talha Mehmood. 

Seperti dilansir Iqna.ir pada Rabu (8/6) Dalam kesempatan itu dia mengatakan bahwa kaligrafi Islam sangat terkait dengan Alquran. Dia mengatakan bahwa ayat-ayat Alquran digunakan dengan baik dalam gaya kaligrafi ini. 

Baca Juga

Dia memuji karya Ammarah Afhseen dan berharap bahwa masa depan kaligrafi Islam di Pakistan akan cerah. "Ini adalah keajaiban Alquran bahwa umat Islam berkenalan dengan seni murni kaligrafi Islam." Lebih lanjut Senator Muhammad Talha mengatakan bahwa anak muda saat ini sedang melangkah ke bidang seni lukis dengan pemikiran yang baik dan ide-ide baru.

Dia mengatakan bahwa dengan mengikuti Alquran, manusia bisa mendapatkan ketenangan pikiran dan hati di dunia dan akhirat. Dia mengapresiasi promosi seni kaligrafi oleh Dewan Kesenian Punjab. 

Pada kesempatan itu, Naheed Manzoor menginformasikan bahwa dua salinan tulisan tangan dari Alquran oleh Ammarah Afsheen disimpan di Haram Pak, dan dia sedang menulis Alquran ketiga.  

Saat berbicara, Direktur Dewan Kesenian Waqar Ahmed mengatakan Ammarah secara artistik telah mengubah ayat-ayat Alquran di atas kanvas. Lebih dari 50 kaligrafi Amaarah Afsheen ditampilkan dalam pameran tersebut, dan akan dibuka untuk umum hingga 8 Juni.    

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA