Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Indonesia Kecam Pernyataan Politikus India yang Menghina Nabi Muhammad

Selasa 07 Jun 2022 11:32 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Muhammad Hafil

 Indonesia Kecam Pernyataan Politikus India yang Menghina Nabi Muhammad. Foto:  Islamofobia (ilustrasi)

Indonesia Kecam Pernyataan Politikus India yang Menghina Nabi Muhammad. Foto: Islamofobia (ilustrasi)

Foto: Bosh Fawstin
Nabi Muhammad dihina politikus India.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Indonesia mengecam keras pernyataan dari dua politikus India yang merendahkan Nabi Muhammad. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI telah menyampaikan pengecaman ini kepada Duta Besar India di Jakarta.

"Indonesia mengutuk pernyataan yang merendahkan Nabi Muhammad oleh dua orang politisi India. Pesan ini telah disampaikan kepada Duta Besar India di Jakarta," tulis pernyataan resmi Kemenlu RI di Twitter @MoFa, Senin (6/6/2022) malam.

Baca Juga

Pemerintah India pada Senin (6/6/2022), berusaha meredakan kemarahan masyarakat di dalam dan luar negeri, menyusul komentar dua petinggi partai BJP (Bharatiya Janata Party) yang berkuasa tentang Nabi Muhammad.

Kementerian luar negeri India mengatakan dalam pernyataannya bahwa cicitan dan komentar ofensif dalam bentuk apa pun tidak mencerminkan pandangan pemerintah. BJP menonaktifkan seorang juru bicara dan mengusir seorang pejabat lainnya pada Ahad karena menyakiti sentimen keagamaan warga minoritas.

Muslim India mencapai 13 persen dari 1,35 miliar penduduk di negara itu. Aksi-aksi unjuk rasa direncanakan digelar untuk memprotes komentar anti-Muslim di Mumbai pada Senin. Seorang pejabat senior di Kedutaan Besar Qatar di New Delhi mengatakan, Pemerintah Modi harus menjauhkan diri mereka dari komentar itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA