Selasa 07 Jun 2022 06:05 WIB

Bupati Wonosobo Dorong Kawasan Dieng Jadi Geopark Global

Dieng berpotensi besar dikembangkan jadi geopark nasional maupun geopark global.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Foto lanskap kawasan dataran tinggi Dieng (ilustrasi). Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mendorong kawasan Dieng menjadi geopark nasional bahkan geopark global untuk memajukan pariwisata.
Foto: Antara/Anis Efizudin
Foto lanskap kawasan dataran tinggi Dieng (ilustrasi). Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mendorong kawasan Dieng menjadi geopark nasional bahkan geopark global untuk memajukan pariwisata.

REPUBLIKA.CO.ID, WONOSOBO -- Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mendorong kawasan Dieng menjadi geopark nasional bahkan geopark global untuk memajukan pariwisata.

Menurutnya, kawasan Dieng memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi geopark nasional maupun geopark global. "Hal ini tecermin melalui 10 matriks hasil verifikasi dan identifikasi warisan geologi dan geosite," kata Afif di Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (6/6/2022).

Baca Juga

Sebanyak 10 matriks tersebut meliputi Telaga Menjer, kompleks Telaga Warna, Telaga Cebong, Bukit Sikunir, Gunung Api Pakuwaja, Bukit Prambanan, Gunung Seroja, Gunung Bisma, Bukit Sidede, dan Tuk Bimo Lukar yang selanjutnya diusulkan ke UNESCO. Afif mengatakan, melalui sinergitas dan kolaborasi antarpelaku wisata dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) diharapkan menjadi magnet kuat dan nilai keunggulan tersendiri secara nasional maupun internasional.

Selain itu, dengan perbaikan sarana dan prasarana yang ada akan menghasilkan geopark Dieng yang optimal. Ia menegaskan perlu kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian alam dengan memperkuat rasa cinta Tanah Air berbasis perlindungan, pendidikan, dan pembangunan ekonomi lokal sehingga geopark Dieng kelak menjadi pusat edukasi dan ekonomi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal.

"Saya harap pembangunan geopark Dieng ini menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian alam serta memperkuat rasa cinta Tanah Air," kata Afif.

Koordinator Penyelenggaraan dan Prasarana Pengembangan SDM Geominerba Ade Hidayat menekankan masyarakat sebagai aktor utama dalam upaya pelestarian dan pengembangan ekonomi dalam kawasan geopark ini dituntut menyiapkan diri. Mulai dari perencanaan pelaksanaan sampai tahap pengelolaannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement