Senin 06 Jun 2022 07:17 WIB

Jumlah Masjid di Rusia Terus Bertambah

Jumlah masjid dan fasilitas pendidikan bagi Muslim Rusia bertambah banyak.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Masjid Katedral Moskow.
Foto: Republika/Dwi Murdaningsih
Masjid Katedral Moskow.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW — Jumlah masjid dan fasilitas pendidikan bagi umat Muslim terus bertambah. Seperti dilansir Iqna.ir pada Senin (6/6) dikatakan oleh Kepala Direktorat Spiritual Muslim, Pusat Muslim Rusia, Mufti Talgat Tajuddin mengatakan terdapat sekitar  7.500 masjid, tujuh universitas Islam dan Akademi Islam Bulgar telah dibuka di Federasi Rusia selama 33 tahun terakhir.

Menurut Tajuddin angka tersebut menunjukkan peningkatan yang pesat, mengingat pada tahun 1989 hanya ada 340 masjid dan dua pusat pelatihan Islam di seluruh Uni Soviet. Sekitar setengah dari mereka berada di Rusia.

Baca Juga

Tajuddin mengatakan ini adalah kemenangan tidak hanya bagi umat Islam tetapi juga untuk Rusia. Tajuddin menambahkan dalam hal ini bahwa catatan pembangunan masjid di Federasi Rusia, seiring dengan pertumbuhan jumlah gereja dan sinagog dan referensi dalam Konstitusi Rusia tentang Tuhan, menunjukkan secara meyakinkan bahwa ateisme telah hidup lebih lama dan setidaknya ada di Rusia sekarang mati.

Rusia adalah negara besar dengan populasi 146 juta. Islam adalah agama minoritas di Rusia di mana ada sekitar 25 juta Muslim. Negara ini memiliki populasi Muslim terbesar di Eropa. Sebagian besar orang Rusia adalah Kristen Ortodoks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement