Friday, 12 Rajab 1444 / 03 February 2023

Arab Saudi Luncurkan Program Pelatihan Badan Antariksa

Ahad 05 Jun 2022 06:53 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Fakhruddin

Arab Saudi Luncurkan Program Pelatihan Badan Antariksa (ilustrasi).

Arab Saudi Luncurkan Program Pelatihan Badan Antariksa (ilustrasi).

Foto: ESA
Untuk meningkatkan tingkat pengetahuan lokal di sektor luar angkasa dan sains.

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH — Komisi Luar Angkasa Arab Saudi telah meluncurkan program pelatihan yang ditunjukkan bagi lulusan baru yang mencari karir di sektor luar angkasa. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya kerajaan untuk mengembangkan kemampuan nasional di bidang antariksa.

“Berjudul 'Madar', program tersebut berupaya untuk meningkatkan tingkat pengetahuan lokal di sektor luar angkasa dan program sains terkait,” kata laporan tersebut dilansir dari Alarabiya, Ahad (5/6/2022).

Baca Juga

Komisi akan membuka kursi untuk menampung setidaknya 1.000 peserta, baik pria maupun wanita di tiga jalur, orbit ruang angkasa khusus, satelit, dan ruang publik. Program pelatihan ini akan berlangsung selama lima minggu. 

“Inisiatif ini muncul mengingat minat Komisi Luar Angkasa Saudi dalam mengembangkan kader manusia, mengembangkan kemampuan dan keterampilan nasional di sektor luar angkasa, memenuhi syarat mereka yang tertarik di lapangan dengan pengalaman dan pengetahuan yang memadai, dan memberdayakan pekerjanya untuk membantu memajukan sektor luar angkasa di Kerajaan Arab Saudi,” kata laporan komisi.

Pada Maret 2022, Komisi Luar Angkasa Saudi (SSC) dan Badan Antariksa Inggris menandatangani nota kesepahaman (MOU) untuk kerja sama dalam penggunaan luar angkasa secara damai, yang bertujuan menyediakan kerangka kerja untuk kerja sama dalam kegiatan luar angkasa.

MoU tersebut menyerukan untuk meninjau bidang kepentingan bersama dalam penggunaan ruang secara damai, dan memfasilitasi pertukaran informasi, teknologi, dan individu yang bekerja di bidang terkait di kedua sisi untuk meningkatkan kerja sama dalam ruang dan teknologinya.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman meluncurkan strategi baru untuk Dana Pembangunan Nasional Kerajaan (NDF), mengubahnya menjadi lembaga keuangan nasional terintegrasi.

Di bawah strategi baru, Dana Pembangunan Nasional bertujuan untuk berkontribusi pada pertumbuhan PDB riil Kerajaan dengan menyuntikkan lebih dari 570 miliar riyal (152 miliar dolar AS) pada tahun 2030 dan akan bertujuan untuk melipatgandakan PDB non-minyak untuk mencapai 605 miliar riyal (161 miliar dolar AS) pada tahun 2030.

 

Sumber: https://english.alarabiya.net/News/gulf/2022/06/04/Saudi-Arabia-launches-training-program-for-space-enthusiasts

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA