Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Wapres :Petugas Haji Maksimal Layani Para Jamaah, Jangan Sibuk Urusannya Sendiri

Sabtu 04 Jun 2022 10:50 WIB

Rep: fauziah mursid/ Red: Hiru Muhammad

Wakil Presiden Ma

Wakil Presiden Ma

Foto: setwapres
Tim kesehatan haji tahun ini diperkuat bagi jamaah Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO--Wakil Presiden Ma'ruf Amin berpesan agar para petugas haji secara maksimal melayani jamaah selama pelaksanaan ibadah haji. Wapres menekankan agar petugas menjalankan perannya sebagai pembimbing maupun pelayanan kesehatan para jamaa

"Kepada para petugas dari pembimbing, kesehatan semuanya supaya melayani dengan baik, disana melayani jamaah dengan baik ya, jangan sampai disana petugasnya sibuk sendiri, ibadah sendiri sehingga tidak melayani jamaah," ujar Wapres saat melepas keberangkatan 449 calon jamaah haji kloter pertama asal embarkasi Surabaya ke Tanah Suci Mekkah di Bandara Juanda, Sidoarjo, Sabtu (4/6).

Baca Juga

Wapres meminta pelayanan kepada jamaah ditingkatkan, mengingat pelaksanaan ibadah haji tahun ini perdana bagi jamaah Indonesia usai pandemi Covid-19."Agar semua menjalankan dengan baik sehingga jamaah kita bisa terlayani dengan baik di Tanah Suci. Semua pelayanan kita ditingkatkan," ungkapnya.

Wapres menyampaikan, tim kesehatan untuk pelaksanaan haji tahun ini diperkuat. Mulai dari obat-obatan hingga pelayanan RS darurat sejak di bandara Jeddah, Mekkah Madinah hingga Arafah Mina. Ini untuk mengantisipasi kondisi para jamaah sekaligus menekan angka kematian jamaah dari Indonesia selama musim haji.

"Semuanya itu dipantau jamaah itu. Dan ini memang dari tahun ke tahun kan terjadi penurunan, makin hari makin baik sebab terus kita evaluasi, apa yang kurang dan apa yang harus dilengkapi," kata Wapres.

"Saya kira dari segi pelayanan kesehatan jamaah kita dianggap oleh banyak pihak oleh pemerintah Saudi yang terbaik sebab kita paling siap dan ambulan dan petugasnya kira siapkan dengan baik," ungkapnya

Selain itu, Wapres juga mengingatkan jamaah untuk senantiasa menjaga kesehatan selama pelaksanaan ibadah haji. Sebab, saat ini kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir.

Ia menambahkan, penting menjaga kesehatan dan kondisi tubuh mengingat cuaca di Arab Saudi sudah mulai musim panas. "Sekarang ini musim panas nanti bapak-bapak ibu-ibu jangan keluyuran karena panasnya agak tinggi," ujarnya.

Wapres melepas keberangkatan 449 calon jamaah haji kloter pertama asal embarkasi Surabaya ke Tanah Suci Mekkah di Bandara Juanda, Sidoarjo, Sabtu (4/6). Kloter pertama yang diberangkatkan dari Surabaya ini terdiri dari 445 calon jamaah haji asal Tuban, Jawa Timur dan empat petugas haji dengan rincian jamaah wanita 247 orang, jamaah laki-laki 202 orang.

Dalam pelepasan ini, Wapres didampingi Gubernur  Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali. Kloter pertama embarkasi Surabaya ini akan diterbangkan menggunakan maskapai Saudi Arabia (Saudia) Airlines SV5141 pukul 08.30 WIB melalui Bandara Juanda, Ahad (4/6/2022).

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA