Kamis 02 Jun 2022 06:22 WIB

Lulusan STIE Ekuitas, Saat Diwisuda 50 Persen Sudah Bekerja

Dalam setiap tahunnya ikatan dinas dengan bjb diikuti sekitar 150-200 mahasiswa.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Ketua STIE Ekuitas memberikan penghargaan pada lulusan terbaik.
Foto: Istimewa
Ketua STIE Ekuitas memberikan penghargaan pada lulusan terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- STIE Ekuitas, mewisuda 472 mahasiswanya di Kampus STIE Ekuitas, Jalan PHH Mustofa Kota Bandung, belum lama ini. Menurut Ketua STIE Ekuitas, Prof Martha Fani Cahyandito Wisuda kali ini dilaksanakan secara hybrid.

"Wisuda kali ini masih sama seperti tahun lalu, masih hybrid. Ada perwakilan wisudawan yang datang ke kampus dan mayoritas di rumah melalui zoom. Kalau sudah kondisinya sudah memungkinkan kita nanti wisuda luring," ujar Fani, Kamis (2/5).

Lulusan STIE Ekuitas, menurut Fani, saat diwisuda, sekitar 50 persennya sudah bekerja. Sisanya memang menunggu dan sedang mencari pekerjaan. Nanum, berdasarkan survei bagian pusat karier dan alumni, masa tunggunya tak lama hanya 3 bulan.

"Mayoritas mereka banyak yang kerja di perusahaan. Tapi tidak semua lulusan bekerja di lembaga keuangan atau perbankan. Tapi ada di juga di perusahaan nonperbankan atau lembaga keuangan. Misalnya di lembaga TNI/Polri," papar Fani.

Menurutnya, dalam setiap tahun ikatan dinas dengan Bank bjb selalu menjadi minat mahasiswa. Dalam setiap tahunnya ikatan dinas dengan bjb diikuti sekitar 150-200 mahasiswa.

Namun, kata dia, karena seleksi dan persyaratannya juga cukup ketat, maka biasanya yang diterima sampai bekerja hanya sekitar 20 orang. "Prosesnya juga cukup panjang, ada magang dan lain-lain. Baru proses akhirnya mereka diterima bekerja di bank bjb," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, selain mewisuda para wisudawan, STIE Ekuitas juga memberi apresiasi kepada mahasiswa berprestasi, baik prestasi akademik maupun nonakademik

"Selain itu juga kami melakukan berbagai MoU dengan sejumlah pihak. Diharapkan dengan kolaborasi ini bisa meningkatkan mutu pendidikan dan menebar kebaikan untuk kami dan sesama," jelasnya.

MoU yang dilaksanakan STIE Ekuitas adalah Universitas Pamulang, Universitas Sangga Buana, United State Agency International Development, Indonesia Banking School, MNC University, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Koperasi Indonesia, Kadin Kota Bandung, dan Kadin Jawa Barat.

Selain itu, DPJ Perbendaharaan Negara Kanwil Jawa Barat, Pegadaian Kota Bandung, Institut Teknologi dan Bisnis Swadharma, Universitas Negeri Padang, Universitas Sutomo, IAIN Pekalongan, Universitas Pattimura, Universitas Swadaya Gunung Jati, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement