Selasa 31 May 2022 23:40 WIB

Menkes Ungkap Ciri Penyakit Sudah Jadi Endemi

Menkes menekankan bahwa pandemi Covid-19 merupakan pandemi global.

Kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi salah satu ciri suatu penyakit sudah menjadi endemi. (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi salah satu ciri suatu penyakit sudah menjadi endemi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi salah satu ciri suatu penyakit sudah menjadi endemi.

"Dari semua sejarah, kita lihat bahwa faktor yang paling menentukan kenapa pandemi menjadi endemi adalah faktor kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan," ujar Menkes dalam konferensi pers yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Baca Juga

Ia mencontohkan di mana masyarakat sudah sadar dalam menjaga kesehatannya masing-masing. Ketika masyarakat menghadapi hujan dan kondisi tubuh kurang sehat, tentu akan mengurangi aktivitasatau memakai jaket dan payung tanpa diatur pemerintah.

"Kalau hujan, badan tidak enak, masa kita hujan-hujanan. Itu karena masyarakat sendiri sudah sadar," ujarnya.

Dia menilai cara menjaga kesehatan di masyarakat yang paling baik adalah dari diri sendiri. Oleh karena itu, pemerintah secara bertahap akan memindahkan tanggung jawab menjaga kesehatan ke masing-masing individu.

"Apa yang akan pemerintah lakukan adalah secara bertahap memindahkan tanggung jawab untuk mengelola kesehatan ke masing-masing individu, kalau itu berhasil, teredukasi dengan baik, memahami protokol kesehatan dan memiliki penilaian untuk melakukan apa, itu merupakan ciri-ciri penyakit yang sudah menjadi endemi," jelasnya.

Kendati demikian, Menkes menekankan bahwa pandemi Covid-19 merupakan pandemi global yang tidak hanya terjadi di Indonesia. Dengan demikian, keputusan untuk melakukan transisi dari pandemi menjadi endemi tidak dapat diputuskan oleh suatu negara dan harus dikoordinasikan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Pandemi ini sifatnya global, pandemi bukan di Indonesia saja. Endemi itu memang akan terjadi kalau sudah dikoordinasikan dengan WHO. Indonesia tidak bisa mengambil keputusan sendiri mengenai ini sudah menjadi endemi," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono mengatakan Indonesia sudah berada di fase pandemi Covid-19 terkendali dan masih membutuhkan sejumlah capaian lanjutan hingga dinyatakan sebagai endemi. "Apakah kita bisa masuk fase endemi? Ada beberapa tahap yang harus dilewati, dari mulai pandemi, deseralasi, terkendali, eliminasi dan eradikasi," kata dia.

Menurut Dante, saat ini Indonesia telah masuk periode pandemi Covid-19 yang telah terkendali. Alasannya, pandemi saat ini tidak menyebabkan gangguan pada aktivitas sosial masyarakat, kasus yang terus menurun secara konsisten dan angka kasus konfirmasi per hari dapat diprediksi. "Kami tidak bisa bilang sudah masuk dalam fase endemi, tapi pandemi yang terkendali," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement