Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Somalia Ingatkan Ancaman Kelaparan Akibat Kekeringan Panjang

Rabu 01 Jun 2022 01:14 WIB

Red: Nur Aini

Somalia mengalami kekeringan terburuk dalam beberapa dasawarsa dan mendekati kondisi kelaparan di tengah krisis kelaparan dan gizi yang memburuk

Somalia mengalami kekeringan terburuk dalam beberapa dasawarsa dan mendekati kondisi kelaparan di tengah krisis kelaparan dan gizi yang memburuk

6,1 juta orang menghadapi kerawanan pangan tingkat ekstrem di Somalia

REPUBLIKA.CO.ID, MOGADISHU -- Somalia mengalami kekeringan terburuk dalam beberapa dasawarsa dan mendekati kondisi kelaparan di tengah krisis kelaparan dan gizi yang memburuk, kata utusan khusus presiden untuk penanggulangan kekeringan pada Senin (30/5/2022).

Abdirahman Abdishakur Warsame mengatakan 6,1 juta orang Somalia menghadapi tingkat kerawanan pangan ekstrem. Sementara, 330.000 anak-anak menghadapi kekurangan gizi akut karena kekeringan yang berkepanjangan.

Baca Juga

"Utusan Khusus untuk Kekeringan menyerukan kepada semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan upaya demi mendukung masyarakat yang terkena dampak kekeringan," kata Kantor Utusan Khusus untuk Penanggulangan Kekeringan dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu menggarisbawahi perlunya tanggapan yang mendesak dan terkoordinasi dengan baik dan agar semua warga Somalia berdiri untuk menyelamatkan nyawa.

"Lingkungan politik yang kontroversial yang menyebabkan proses pemilihan yang berkepanjangan, krisis politik global, dan munculnya krisis kemanusiaan di tempat lain di dunia telah berkontribusi pada respons yang tidak memadai terhadap kekeringan dalam menghadapi kelaparan yang akan datang di negara ini," kata utusan.

Kekeringan terkait perubahan iklim di Somalia adalah salah satu yang terburuk dalam 40 tahun dan telah mempengaruhi 66 distrik di negara itu, menggusur 771.400 keluarga, menurut PBB dan pemerintah Somalia.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/somalia-ingatkan-ancaman-kelaparan-akibat-kekeringan-panjang/2601711
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA