Selasa 31 May 2022 15:06 WIB

Vietnam Resmikan Jembatan Gantung dari Kaca

Jembatan ini berada 150 meter di atas ngarai.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, MOC CHAU -- Sebuah resor pegunungan di Vietnam telah membuka jembatan dengan dasar yang terbuat dari kaca. Jembatan ini berada 150 meter di atas ngarai dan diharapkan menarik wisatawan yang mencari adrenalin. 

Jembatan gantung kaca ketiga di Asia Tenggara ini bernama Bach Long yang diterjemahkan sebagai "Naga Putih". Tempat wisata baru ini berada di provinsi Son La, barat laut ibu kota Hanoi dan berbatasan dengan Laos.

 

"Saya tidak berani melihat ke bawah karena saya takut ketinggian," kata salah satu pengunjung Vi Thi Thu. 

 

Vi Thi Thu memberanikan diri ke jembatan itu setelah menghadiri upacara pembukaan Sabtu (28/5/2022). Dalam acara pembukaan dimeriahkan tarian naga dan pemotongan pita.

 

Kaca yang diperkuat yang digunakan untuk jembatan memiliki tiga lapisan masing-masing setebal 40mm. Menurut pemilik fasilitas jembatan tersebut, jembatan ini dapat menampung hingga 450 orang sekaligus. 

 

Jembatan ini memiliki panjang 290 meter di antara dua puncak di kedua sisi ngarai, ditambah jalur sepanjang 342 meter di sisi tebing. Namun jembatan ini masih belum bisa mengalahkan jembatan kaca di Qingyuan provinsi Guangdong China sebagai yang terpanjang di dunia. Guinness World Records mendaftarkan jembatan berlantai kaca itu dengan panjang 562 meter. 

 

"Teknik yang diperlukan untuk membangun itu ke sisi tebing tetapi mempertahankan semua fitur alam, kehijauan, bebatuan, itu merupakan proyek yang luar biasa," kata Glen Pollard perwakilan dari Guinness World Record yang menghadiri upacara pembukaan.

 

Asosiasi Rekor Dunia dan badan sertifikasi rekor telah mendaftarkan jembatan Vietnam dua bagian sebagai jembatan terpanjang di dunia dengan panjang 632 meter. 

 

Pengunjung lain pada upacara pembukaan mengatakan dia dengan cepat mengatasi rasa gugup saat berjalan di jembatan. "Awalnya itu membuat Anda panik, tetapi kemudian jika Anda berjalan di sekitar 10 panel kaca, perasaan itu hilang," kata pengunjung jembatan itu Tran Xuan Tinh. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement