Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Ponpes Thawalib Gunung dan Ponpes Muhammadiyah Padang Panjang Terima Dana Hibah

Senin 30 May 2022 23:35 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran, menyatakan Padang Panjang serahkan hibah Rp300 juta untuk sejumlah ponpes antara lain Ponpes Thawalib Gunung dan Ponpes Muhammadiyah Padang Panjang.

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran, menyatakan Padang Panjang serahkan hibah Rp300 juta untuk sejumlah ponpes antara lain Ponpes Thawalib Gunung dan Ponpes Muhammadiyah Padang Panjang.

Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Padang Panjang serahkan hibah Rp300 juta untuk sejumlah ponpes

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PANJANG— Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran, menyerahkan bantuan hibah dari Pemerintah Kota kepada Pondok Pesantren (Pontren) Kauman Muhammadiyah sebesar Rp 300 juta. Penyerahan di Aula Hamka, Senin (30/5/2022). 

Fadly mengatakan Pemko Padang Panjang memberikan dukungan untuk tumbuh dan kembangnya pondok pesantren di Kota Serambi Makah tersebut. 

Baca Juga

"Ini menjadi cita-cita dan tanggung jawab kita semua untuk mempersiapkan kemajuan pendidikan di Kota Padang Panjang. Maka dari itu, dengan bantuan hibah yang kita serahkan ini bisa membantu dalam pembangunan pontren," kata Fadly. 

Fadly juga mengatakan, Pemko sudah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi agar putra-putri Padang Panjang bisa melanjutkan pendidikan melalui beasiswa. Baik di dalam negeri maupun luar negeri, dengan fasilitas yang sudah disiapkan. 

Bantuan dana hibah dengan jumlah yang sama juga diberikan Pemko Padang Panjang kepada Ponpes Thawalib Gunung. Penyerahan dilakukan di  Aula Pesantren tersebut hari ini. 

Pimpinan Pesantren Thawalib Gunung, Muhammad Mahfuz Mustia, menjelaskan sejak Thawalib Gunung berdiri pada 1921, telah banyak mengalami pasang naik. 

"Santri kita berasal dari Aceh sampai dari Sumatra bagian lainnya. Pada ajaran 2022 ini, kita sudah menerima tiga kelas tingkat Tsanawiyah dan satu kelas tingkat Aliyah, 40 persennya merupakan anak kemenakan Nagari Gunuang," ujar Mahfuz. 

Pihaknya berterima kasih atas perhatian Pemko terhadap Pondok Pesantren yang ada di Padang Panjang. Ia melihat keberadaan pesantren termasuk yang mendatangkan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar.  

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA