Senin 30 May 2022 17:38 WIB

Hutama Karya Suplai Aspal Proyek Konstruksi Flyover Kopo Bandung

Pengaspalan yang dikerjakan HKA dalam proyek tersebut telah mencapai 100 persen.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Hutama Karya. PT Hakaaston (HKA), anak usaha PT Hutama Karya (Persero), menyuplai aspal dalam proyek konstruksi Fly Over Kopo di Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat, yang telah diuji coba sejak Kamis (19/5/2022) pekan lalu.
Foto: Hutama Karya
Hutama Karya. PT Hakaaston (HKA), anak usaha PT Hutama Karya (Persero), menyuplai aspal dalam proyek konstruksi Fly Over Kopo di Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat, yang telah diuji coba sejak Kamis (19/5/2022) pekan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Hakaaston (HKA), anak usaha PT Hutama Karya (Persero), menyuplai aspal dalam proyek konstruksi Fly Over Kopo di Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat, yang telah diuji coba sejak Kamis (19/5/2022) pekan lalu.

Direktur Teknik & Operasi HKA M Alfin Zaini mengatakan, hingga saat ini pengaspalan yang dikerjakan HKA via Unit Produksi HKA Palimanan dalam proyek tersebut telah mencapai 100 persen.

Baca Juga

"Pengaspalan yang dilakukan HKA mencakup ruas jembatan utama, dan oprit atau akses aspal menuju jalan raya," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (30/5/2022).

Alfin mengatakan, untuk mendapatkan kualitas aspal yang kuat dan nyaman saat dilintasi, HKA menggunakan aspal Caltex Penetration Grade (PG) 60/70 dengan Retained Stability > 90 persen. "Deliverable hasil yang optimal menjadi fokus utama kami saat ini," imbuhnya.

 

Pembangunan infrastruktur Fly Over Kopo sepanjang 1,3 km dan lebar 18 meter ini dikerjakan oleh kontraktor utama PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, (PTPP). Ada pun HKA dipercaya untuk menyuplai dan menghampar aspal jenis AC Base sebesar 165 ton, dan AC-WC sebesar 3.310 ton sejak bulan April lalu dan tuntas tepat waktu sesuai target Pemda Bandung selaku pemilik proyek.

Uji coba yang dilakukan selama sepekan itu bertujuan untuk melihat kesiapan konstruksi Fly Over baik konstruksi jembatan dan aspal yang dilintasi pengendara sebelum resmi digunakan. Uji coba juga dilakukan untuk melihat langsung bagaimana progres konstruksi, memikirkan keselamatan pengguna jalan, dan juga cara bertindak (CB) sebelum digunakan.

Selain itu, uji coba itu dilakukan guna meminta masukan kepada warga yang melintas apabila ada kejanggalan saat melewati Fly Over Kopo nantinya. Lebih lanjut, Alfin menuturkan, selain berfokus pada pasar internal yakni mendukung pembangunan infrastruktur Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dikerjakan oleh Hutama Karya, HKA juga memiliki target pasar eksternal dengan mengerjakan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) dan proyek-proyek yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Pada tahun 2020 lalu, misalnya, HKA Unit Produksi Losarang juga menyuplai aspal pada Fly Over Akses Pelabuhan Patimban di Subang dan sejumlah seksi di ruas tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement