Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Surya Paloh: PKS Telah Matang di Usia Ke-20

Ahad 29 May 2022 17:01 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Surya Paloh menyebut langkah dan taktik politik PKS akhirnya mendatangkan pengakuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh menyampaikan ucapan kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang telah mencapai usia ke-20. Menurutnya, angka tersebut merupakan umur yang matang bagi transformasi PKS selama ini.

Menurutnya, PKS terus bermetamorfosa dengan segala sepak terjang dan terobosan bisa mencuri perhatian banyak kalangan. Surya Paloh menyebut hal itu sebagai langkah dan taktik politik PKS yang akhirnya mendatangkan pengakuan.

Baca Juga

"Usia 20 tahun menunjukkan kematangan diri sebagai sebuah partai politik. PKS adalah salah satu partai yang sudah matang baik dari level kepartaian maupun kiprah fraksinya," ujar Surya dalam video ucapannya yang ditayangkan di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (29/5/2022).

Ia menyebut, kaderisasi PKS begitu mumpuni dan Partai Nasdem mengakui hal tersebut. PKS disebutnya memiliki skema kaderisasi yang baik di level praktisnya dan mampu menunjukkan diri dengan mengikuti arus demokrasi yang terjadi.

"Di akar rumput, PKS adalah partai yang memiliki kecepatan jika ada bencana. Barisan kader segera bergerak memberikan bantuan yang membutuhkan, ini semua fakta yang harus kita aku," ujar Surya.

Ia juga sepakat dengan kolaborasi melayani Indonesia yang menjadi tema utama perayaan Milad ke-20 PKS. Sebab secara alamiah, sifat bangsa Indonesia adalah masyarakat yang senang bekerja sama dan gemar berkolaborasi.

Politik yang dilandasi semangat kerjasama dan saling mengisi adalah modal dasar sehatnya demokrasi dalam bingkai republik. "Kontestasi dalam politik adalah sebuah keniscayaan, kontestasi bukan keterbelahan, kecurigaan yang tiada henti. Saya mengajak semua untuk berkolaborasi melayani Indonesia di atas kepentingan partai untuk bangsa yang kita cintai," ujar Surya.

Sebelumnya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu memberikan pidato kebangsaan dalam puncak perayaan Milad ke-20 PKS. Pesan penting yang disampaikannya di hadapan puluhan ribu kader PKS dan berbagai tokoh nasional adalah semangat kolaborasi.

"Kita hadir dalam peringatan Milad ke-20 PKS ini dengan satu semangat, satu misi, dan satu harapan yang sama, yaitu kolaborasi melayani Indonesia. Kolaborasi itu sangat penting, ibarat sebuah rumah, rumah hanya akan terbangun jika ada pondasi, tiang, atap, dan dinding yang bersatu padu dan saling menguatkan," tegas Syaikhu.

 

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA