Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abah Konten

Yoga Bisa Hambat Pengapuran SendI

Olahraga | Sunday, 29 May 2022, 13:00 WIB
Yoga. Ilustrasi

Banyak manfaat bisa didapat dengan melakukan latihan Yoga. Salah satunya menghambat dan mengurangi rasa nyeri akibat pengapuran sendi atau osteoartritis.

Osteoartritis, seperti dilansir reumatologi.or.id, adalah penyakit kronis yang menimpa sendi dan tulang di sekitar sendi tersebut. Keluhan yang dirasakan penderita pada umumnya adalah nyeri dan kaku pada sendi, terutama yang menyangga berat tubuh seperti sendi lutut atau pinggang.

Kondisi tersebut sulit disembuhkan. Penyakit ini biasanya memburuk sejalan dengan usia. Beberapa solusi singkat sering dilakukan penderita adalah meminum obat penghilang nyeri (painkillers), obat anti-peradangan, dan dalam beberapa kasus melakukan operasi untuk mengganti sendi bermasalah.

Meski begitu ada cara-cara lebih alami untuk mengurangi nyeri dan menghambat penyakit ini.

Konsultan bedah orthopaedic di Rumah Sakit Wellington di London, Simon Moyes, memaparkan beberapa cara lebih sehat untuk meredakan penyakit ini adalah dengan menjaga bobot tubuh dalam berat normal, melakukan diet sehat dan melakukan latihan fisik ringan dan lembut. Untuk cara yang disebutnya terakhir ia merekomendasikan Yoga.

“Yoga sangat ampuh dalam menjaga kesehatan tulang dan sendi dan itu bisa memperbaiki gejala-gejala seperti kekakuan pada tulang. Yoga juga membuat Anda lebih relaks dan bisa mengurangi nyeri akibat kekakuan di sekitar sendi,” kata Moyes 2015 lalu.

Menurut dia salah satu masalah terbesar bagi penderita osteoartritis adalah kesulitan melakukan ativitas sehari-hari. Padahal aktivitas fisik rutin cukup penting untuk orang dengan pengapuran atau radang sendi. Yoga bisa menjadi solusi terbaik, karena gerakan dalam latihan ini lembut namun secara bertahap dapat membangun kekuatan dan keseimbangan. Selain itu Yoga juga bisa menguransi stres dan gejala depresi.

“Yoga membantu memperbaiki fleksibilitas dan fungsi sendi dan karena itu bisa mengurangi risiko cedera, apalagi jika pasien sering terlibat dalam aktivitas olahraga,” kata dia. “Saat ini kita bisa melihat banyak atlet seperti pesepak bola profesional melakukan yoga untuk mengurangi risiko cedera.”

Sumber: http://www.express.co.uk

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image