Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Sejarah Dangdut Koplo, Genre Musik Populer yang Mendunia

Ahad 29 May 2022 11:08 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Dangdut Koplo ANTV

Dangdut Koplo ANTV

Sejarah Dangdut Koplo, Genre Musik Populer yang Mendunia

VIVA – Dangdut merupakan salah satu genre musik yang digemari oleh masyarakat Indonesia sejak dulu. Dengan perkembangan zaman, dangdut koplo pun mulai diminati kembali bahkan oleh anak-anak muda.

Bagaimana tidak, musik dangdut koplo saat ini mulai disukai anak muda lantaran mudah didengar. Selain itu, para penyanyi dangdut juga memiliki suara yang khas dengan gaya yang kekinian. Lantas, bagaimana sejarah dari dangdut koplo? Berikut ulasannya dari laman IntipSeleb.

Sejarah dangdut koplo

Musik dangdut berasal dari upaya pengembangan musik melayu yang diberi tambahan instrumen atau alat musik sehingga lebih rancak, variatif, dan dapat memukau para pendengarnya serta enak untuk dinikmati para pendengarnya. Pada mulanya, belantika musik di tanah air telah lama dihiasi oleh alunan-alunan musik melayu yang perkembangannya cukup baik dan dapat bertahan sampai sekarang.

Utamanya dangdut koplo didukung para penyanyi dan pujangga melayu pembuat syairnya. Sehingga mampu mengantarkan musik dangdut menjadi cukup populer di tanah air.

Kepopuleran musik dangdut semakin memotivasi para senimannya untuk melakukan modifikasi dan inovasi baru dengan kreativitas yang dimilikinya, agar musik dangdut lebih terkesan variatif dan enak untuk dinikmati para penggemarnya dan menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Maka musik dangdut menjadi semakin terkenal dan menjadi sorotan publik serta media massa

Serupa dengan sub genre dangdut yang lain, dangdut koplo juga mengandalkan gendang sebagai instrumen utamanya. Hanya saja, dangdut koplo memiliki ciri khas pada tempo dan pemain gendangnya lebih dominan dibanding instrumen lainnya

Saking dominannya peran pemain gendang, pada masa awal munculnya dangdut koplo sering disebut sebagai dangdut kotekan atau tabuhan yang digunakan untuk membangunkan orang sahur pada bulan Ramadan.

Sosok Mas Naryo adalah penabuh gendang yang menjadi pelopor munculnya dangdut koplo, yang berawal dari sebuah komunitas kecil di daerah Girilaya, Surabaya pada tahun 1993.

Kompetisi dangdut koplo

Saat ini, dangdut koplo melegenda di seluruh penjuru Tanah Air. Bahkan, nama seperti Via Vallen, serta Nella Kharisma merupakan tokoh yang berhasil membawa nama dangdut koplo mendunia.

Berniat untuk seperti mereka dan menjadi penyanyi dangdut koplo yang tenar dan curi perhatian? Ayo daftar langsung dan jadi penyanyi dangdut koplo superstar di Audisi Koplo Superstar besutan ANTV x Rans Entertainment yakni Koplo Superstar.

Pastikan kamu berusia minimal 15 tahun, berpenampilan menarik, punya suara bagus dan goyang andalan, serta sudah vaksin dua kali. Cara daftarnya mudah, cukup cover dua video nyanyi koplo dan unggah di instagram atau TikTok dengan deskripsi Judul Lagu #Koplosuperstar(spasi)Nama(spasi)Asal Kota. Lalu, isi data diri di www.IntipSeleb.com/koplo-superstar. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA