Ahad 29 May 2022 09:48 WIB

Kolaborasi Ahmad Dhani dan Ron King Big Band Hidupkan Panggung Java Jazz

Ahmad Dhani bawakan lagu swing hingga hit Dewa19 di Java Jazz Festival 2022.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Musisi Ahmad Dhani tampil berkolaborasi dengan Ron King Big Band pada hari kedua BNI Java Jazz Festival 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (28/5/2022). Ahmad Dhani membawakan sejumlah lagu hitsnya yang dikemas dalam balutan musik jazz.
Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Musisi Ahmad Dhani tampil berkolaborasi dengan Ron King Big Band pada hari kedua BNI Java Jazz Festival 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (28/5/2022). Ahmad Dhani membawakan sejumlah lagu hitsnya yang dikemas dalam balutan musik jazz.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolaborasi Ahmad Dhani dan Ron King Big Band di hari kedua Java Jazz Festival 2022, Sabtu (28/5), sukses menggemparkan penonton. Bukan cuma karena lagu-lagu yang dibawakan, tapi juga karena aksi Dhani di atas panggung yang memicu kekocakan.

Dhani dan orkes besar pimpinan Ron King hadir di panggung BNI Hall pukul 23.15 WIB. Pentolan band Dewa 19 itu terlihat necis dalam setelan jas hitam, lengkap dengan dasi dan peci. Dia semula menyanyikan dua lagu swing yang dipopulerkan Frank Sinatra.

Baca Juga

"Malam ini agak beda ya. Saya nyanyi dua lagu swing dulu, baru lagu-lagu yang kita kenal. Ini teman-teman penggemar jazz apa penggemar Dewa19?" kata Dhani menggoda penonton. Dia bercerita bahwa Dewa 19 tengah manggung di Surabaya untuk sebuah acara pernikahan tanpa dirinya.

Sebagai pembuka, Dhani melantunkan tembang "The Best is Yet to Come" dan "I Get A Kick Out of You". Vokal khas Dhani terdengar syahdu dengan iringan musik megah dari band. Sesuai janji Dhani, lagu berikutnya yang dia bawakan adalah "Kasidah Cinta" yang mendapat sentuhan aransemen baru sehingga terkesan jazzy.

Kehebohan terbit saat Dhani melakukan kesalahan dalam menyanyikan lagu "Arjuna Mencari Cinta". Dia salah masuk ketika bernyanyi. Sambil tersenyum salah tingkah, Dhani malah melontarkan celetukan lucu. "Bukan Once (Once Mekel, mantan vokalis Dewa 19) ini ya, jadi lupa," ujarnya.

Kesalahan itu ternyata tak cuma satu kali, namun beberapa kali, termasuk salah menyanyikan lirik di beberapa bagian lagu. Dhani semula tidak menyadari itu, tetapi penonton menyanyikan koreksi lirik dengan lantang sehingga dia sadar akan kekeliruannya.

Lirik yang benar sesuai lagu adalah "Akulah Arjuna, yang mencari cinta. Wahai wanita, cintailah aku". Alih-alih demikian, Dhani malah menyanyikan "wahai wanita, yang mencari cinta". Setelah sadar, dia pun meralat lagu. "Kali ini enggak salah nih," ucap Dhani pada penghujung lagu.

Setelah lagu berakhir, Dhani mengucap syukur. Dia lalu menjelaskan bahwa dirinya baru datang dari Surabaya setelah manggung dengan Dewa 19. Dhani baru berjumpa dengan Ron King Big Band dan berlatih satu kali lantas langsung manggung.

"Inilah musiknya orang tua, tapi asyik. Kalau ada salah-salah sedikit mohon maaf ya. Kemarin malam tampil di Surabaya 30 lagu, besok ke Malaysia, jadi kepala agak puyeng beberapa malam ini," tutur Dhani. Penonton dengan kompak meneriakkan pemakluman.

Terdengar seorang penonton yang berbisik ke temannya. "Legend mah bebas," ujar penonton itu. Untungnya, di lagu-lagu berikutnya Dhani bernyanyi dengan lancar. Dia membawakan tembang "Sudah", "Aku Cinta Kau dan Dia", "Madu Tiga", dan "Separuh Nafas". 

"Alhamdulillah, Alhamdulillah. Mereka ini (Ron King Big Band) enggak tahu lagunya, terbiasa baca not dan partitur. Jadi kalau aku salah, buyar semua. Ya kan Ron?" kata Dhani, padahal Ron King agaknya tak bisa berbahasa Indonesia. Sayangnya, malam itu tak ada sesi encore yang diberikan Dhani dan Ron King Big Band.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement