Sabtu 28 May 2022 21:00 WIB

Mengenal Lebih Dekat Ayu Dewi, Pengisi Suara Sisu dalam Film Raya and the Last Dragon

Begini kisah perjalanan hidup dan karier Ayu Dewi, presenter cantik yang humoris dan multitalenta. Sangat menginspirasi!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Ayu Dewi, Pengisi Suara Sisu dalam Film Raya and the Last Dragon
Ayu Dewi, Pengisi Suara Sisu dalam Film Raya and the Last Dragon

Karier Ayu Dewi Kusumawati di panggung hiburan Nusantara telah dirintis sejak tahun 2007. Putri dari pasangan Sekar Dewi dan Budiono Sumarto ini memang seorang multitalenta. Tak hanya dikenal sebagai presenter dan komedian, Ayu juga berkiprah di ranah akting, tarik suara, dan modeling.

Bahkan, baru-baru ini, Ayu Dewi didapuk menjadi dubber untuk tokoh Sisu dalam film animasi Disney, Raya and the Last Dragon (2021). 

Baca Juga: Cerita Raffi Ahmad dari Sukses Meniti Karir Hingga Gurita Bisnisnya yang Bikin Tajir Melintir

Mantap Berkarier di Industri Entertainment

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ayudewi7984 (@mrsayudewi)

Perjalanan karier Ayu Dewi memang tak bisa dibilang instan. Guna menemukan profesi yang paling tepat untuknya, ia pun menjajal berbagai bidang yang berbeda.

Awalnya, alumni London School of Public Relations ini eksis sebagai model. Selain itu, ia juga sempat getol siaran radio. Ketika itu, Ayu siaran di Hard Rock FM untuk acara primetime pagi hari.

Seiring dengan perkembangannya, wanita multitalenta ini kemudian mengepakkan sayapnya ke ranah seni peran hingga memandu berbagai acara. Perlahan namun pasti, Ayu pun semakin puas dalam berkarier. Menurutnya, beragam profesi yang ia geluti dapat menjadi media untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan dirinya yang sejati.

Melakoni Beraneka Film Keren

Menjajal seni peran, Ayu Dewi eksis lakoni film Mereka Bilang, Saya Monyet! (2007). Dalam film yang menjadi debut perdananya tersebut, ia berperan sebagai tokoh bernama Venny.

Memasuki tahun 2008, ia berakting dalam dua film yakni Ada Kamu, Aku Ada, dan juga Gara-gara Bola. Semakin terampil dalam seni peran membuat Ayu berhasil memerankan tokoh Lela dalam Penganten Sunat, dan Lisye di film Tiran: Mati di Ranjang pada tahun 2010.

Kepiawaian Ayu dalam seni peran pun kian diakui. Di tahun 2014, ia menjadi tokoh bernama Miss Kejora dalam Viva JKT48. Demikian juga dalam Trinity, the Nekad Traveler (2017) di mana Ayu berakting sebagai Bu Boss.

Perjalanan karier Ayu Dewi di dunia akting terus berlanjut. Beranjak ke tahun 2018, ia tampil sebagai Iis dalam Hanum & Rangga: Faith & the City. Film tersebut menuai banyak penonton dan disambut hangat oleh khalayak banyak.

Hingga pada tahun 2019, Ayu pun kembali hadir dalam film Trinity Traveler dengan perannya sebagai Bu Boss. Terbaru di tahun 2021, Ayu berhasil terpilih menjadi pengisi suara dalam sebuah film animasi besutan Disney, Raya and the Last Dragon.

Ayu menjadi dubber untuk karakter bernama Sisu, naga yang lugu, polos, menyenangkan dan juga sakti dari Kumandra. Dalam film animasi yang tayang eksklusif di Disney+ Hotstar tersebut, Ayu beradu akting dengan Eva Celia serta Mikha Tambayong.

Diakui Ayu, menekuni seni peran tak bisa dibilang mudah. Dari pengalamannya berakting, seni peran itu tidak mudah untuk dijalani. Pasalnya, ia harus menjiwai karakter orang lain yang berbeda dari dirinya sendiri selama berakting di depan kamera.

Tantangannya, ia pun harus bisa menyikapi akting layaknya saklar lampu yang mempunyai tombol on dan off. Ketika ia harus berakting, ia mengibaratkan saklar lampu tersebut harus dinyalakan, untuk kemudian dimatikan kembali berdasarkan durasi yang diinginkan.

Baca Juga: Kiprah Nagita Slavina, Sang Inspiring Mommy yang juga Aktris dan Entrepreneur

Jadi Presenter Keren di Berbagai Acara TV

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ayudewi7984 (@mrsayudewi)

Kejenakaan seorang Ayu Dewi selalu saja mengundang gelak tawa pemirsa. Tak jarang, kehadirannya kerap menambah segar sebuah acara dan sanggup menghibur penonton televisi.

Popularitas Ayu Dewi semakin melejit sewaktu ia menjadi host acara Dahsyat (2011) yang tayang di RCTI. Saat itu, ia menjadi pemandu acara bersama mendiang Olga Syahputra dan Raffi Ahmad.

Menurut Ayu, dirinya merasa lebih nyaman membawakan show dengan pendekatan informal dan jauh dari kesan serius. Pembawaannya yang kocak dan lucu membuatnya lebih sering menjadi presenter untuk acara hiburan. 

Untuk RCTI, Ayu pernah menjadi host dalam Idola Cilik, Adu Dahsyat, Gong Show Indonesia, Hijab Look 2018 dan Dahsyatnya RaDen Ayu. Selain itu, ia juga sempat memandu acara Dahsyatnya Ramadan 2020, Dahsyatnya 2020, dan Dahsyatnya 2021 untuk stasiun TV yang sama.

Ayu kemudian sempat memandu acara Blibli.com Histeria 12.12: Kujerat Kau dengan Jeritan yang ditayangkan RCTI dan juga MNCTV. Ia juga tampil dengan apik ketika menjadi host untuk Suka-Suka Sore-Sore yang ditayangkan MNCTV.

Di Trans TV, wanita yang kerap disebut mirip dengan model Patricia Gouw ini juga eksis dalam berbagai acara seperti Sentil, Online, Sentil, dan Ngabuburit. Acara Late Night Show hingga Live With Raffi Ayu juga turut dibawakan oleh ibu beranak tiga ini.

Tak hanya itu saja, Ayu juga tampil memukau sebagai presenter acara The Rooftop, Dewan Curhat, serta Alhamdulillah Kita Sahur yang ditayangkan Trans 7. Demikian juga untuk Indosiar, Ayu menjadi presenter menawan untuk acara Bintang Pantura 5 dan Liga Dangdut Indonesia.

Dengan jam terbang yang semakin banyak, tak heran jika Ayu Dewi semakin lihai sebagai master of ceremony. Ia pun didapuk untuk membawakan berbagai acara oleh stasiun TV swasta lainnya. Di antaranya seperti Sing Like Mama (GTV) dan The Next Influencer (ANTV).

Laris Manis Jadi Bintang Iklan dan Endorsement

Tak hanya laris bermain akting, popularitas Ayu Dewi membuatnya didapuk untuk membintangi berbagai pariwara. Sejumlah iklan yang pernah dilakoninya antara lain ialah simPATI Blackberry Sosialita dan Telkomsel di tahun 2012, Veja Multi-Uso (2013), dan Marimas Mangga Bangkok (2014).

Selain itu, wanita kelahiran Jakarta, 7 September 1984 ini juga muncul di iklan Vixal (2016) dan Selera Saus Tiram (2017). Kemudian di tahun 2018, ia hadir membintangi iklan Kobe Selera Saus Tiram, Roma Wafer Choco Blast dan tak ketinggalan Migelas

Tak hanya eksis di layar kaca. Melalui beragam unggahan dalam akun Instagram @mrsayudewi, Ayu juga diketahui menerima jasa endorsement dari berbagai produk. Mulai dari kebutuhan untuk si kecil, skincare, barang elektronik, e-commerce, investasi, keperluan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Kisah Cinta yang Berakhir Bahagia

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ayudewi7984 (@mrsayudewi)

Kehidupan pribadi Ayu Dewi sempat menjadi perhatian dan mengundang simpati banyak pihak. Di tahun 2010, Ayu Dewi yang sudah bertunangan dengan aktor dan politisi Zumi Zola harus berakhir. 

Meski begitu, hubungannya yang kandas dengan Zumi Zola tak lantas membuatnya terhenti untuk mencoba lagi. Selang dua tahun setelahnya, Ayu Dewi pun mengakhiri masa lajang dan menikahi teman SMP-nya, Regi Datau. 

Dari pernikahannya bersama sang pengusaha tajir namun bergaya hidup sederhana itu, Ayu pun dikaruniai tiga orang anak. Putri pertama Ayu dan Regi lahir pada 11 Maret 2013 dan diberi nama Aqilah Dewi Humairah.

Sementara buah hati kedua mereka ialah seorang putra yang lahir di tahun 2017, Mohamad Aqlan Ukasyah. Hingga pada tahun 2019 lalu, Ayu melahirkan putra ketiganya, Muhammad Aqli Ataya, dengan menjalani operasi caesar.

Menorehkan Prestasi yang Dihargai

Sepak terjang Ayu Dewi sebagai seorang entertainer berhasil diganjar apresiasi. Karena terampil membawakan acara, ia pernah membawa pulang penghargaan Presenter Tamu Terbaik dari Dahsyatnya Awards 2012. 

Beralih ke tahun 2018, Ayu kembali menyabet penghargaan The Iconic Women dari gelaran Fashion Nation Senayan City collab with Iwan Tirta Private Collection. Diketahui, penghargaan itu ditujukan bagi para wanita Indonesia yang inspiratif dengan jiwa sosial tinggi dari berbagai bidang profesi. 

Eksis di Kanal YouTube

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ayudewi7984 (@mrsayudewi)

Melalui kanal YouTube MrsAyuDewi, Ayu Dewi kerap membagikan beragam vlog seputar kesehariannya yang penuh warna. Menariknya lagi, ada dua segmen khusus yang kerap dinanti-nanti oleh publik. 

Ayu menyuguhkan vlog bertajuk #PondtangPuanting. Di segmen ini, Ayu kerap berbagi parenting skill serta beragam kisahnya dalam berkomunikasi dengan ketiga buah hatinya.

Selain itu, Ayu dan suami tercinta mempersembahkan segmen lainnya, #RABA (Regi Ayu BACOD: Baca Cerita Orang Diluaran). Dalam segmen tersebut, Ayu dan Regi mempersilakan viewers untuk berbagi curahan hati dan menelaahnya melalui sudut pandang mereka.

Baca Juga: Deretan Artis Indonesia Berprestasi, Ada Idola Kamu?

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement