Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

PHRI NTB Dorong Pengembangan Pariwisata Samota

Ahad 29 May 2022 06:00 WIB

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi

MXGP (ilustrasi). Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat, Ni Ketut Wolini, mendorong pemerintah provinsi untuk mengembangkan potensi pariwisata di kawasan Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora (Samota) yang ada di Sumbawa.

MXGP (ilustrasi). Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat, Ni Ketut Wolini, mendorong pemerintah provinsi untuk mengembangkan potensi pariwisata di kawasan Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora (Samota) yang ada di Sumbawa.

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Samota bisa menjadi akselerator pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di NTB.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat, Ni Ketut Wolini, mendorong pemerintah provinsi untuk mengembangkan potensi pariwisata di kawasan Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora (Samota) yang ada di Sumbawa.

"Saya lihat sangat potensial. Di Samota kan ada pantai, teluk, Pulau Moyo dan wisata alam Tambora. Pemandangannya juga luar biasa. Kalau ini dikembangkan tentu berdampak baik bagi perekonomian daerah," ujarnya di Mataram, Sabtu (28/5/2022).

Baca Juga

Menurut dia, jika kawasan tersebut dikembangkan dengan maksimal, maka kawasan itu bisa menjadi akselerator pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di NTB. Terlebih lagi dalam waktu dekat wilayah tersebut akan menjadi lokasi kegiatan balap motorcross dunia, yakni Motorcross Grand Prix (MXGP) yang dihelat pada 24-26 Juni 2022.

Bersama sejumlah perwakilan asosiasi pariwisata, Ketua PHRI NTB, Ni Ketut Wolini melakukan kunjungan lapangan ke kawasan, Rabu (25/5/2022). Wolini mengatakan, MXGP Samota 2022 bisa menjadi titik awal membangkitkan pariwisata di Sumbawa.

Dengan digelarnya kegiatan internasional itu, infrastruktur dan sarana pendukung pariwisata di sana turut dibenahi, seperti akses jalan, bandara, dan juga pelabuhan. "Kita berharap MXGP Samota bisa menjadikan pariwisata di Sumbawa bangkit. Karena itu kami para pelaku pariwisata juga siap mendukung dan mempromosikannya," katanya.

Ia berharap, potensi ini juga digarap serius oleh Pemda, baik Pemprov NTB maupun Pemda di Sumbawa, termasuk Pemda Kabupaten Sumbawa. Menurut dia, Pemda harus bisa dan aktif menggaet calon-calon investor untuk mulai menanamkan investasi di sana. Mulai dari perhotelan dan jasa wisata lainnya.

Selain itu sinergitas dengan para pelaku wisata juga harus terus dilakukan ke depannya. "Saya rasa kalau semuanya bersinergi, tentu percepatan pengembangan pariwisata di Sumbawa bisa lebih optimal. Hal ini juga disambut baik Wakil Bupati Sumbawa, Hj Dewi Noviany saat kami berkunjung ke Samota," kata Wolini.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA