Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Online

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Gaya Hidup | Saturday, 28 May 2022, 10:01 WIB
gambar sirsak dari wikimedia

Sirsak mempunyai banyak sebutan mulai dari nangka sebrang, nangka buris dan masih banyak sebuatan lain di berbagai daerah yang berbeda. Awal mula buah ini berasal dari amerika namun untuk sekarang banyak sekali tumbuh di kembangkan di Indonesia.

Dari tampilan buah sirsak mempunyai warna hijau dengan kulit berduri mirip di dalamnya terdapat biji kecil walaupun ada rasa asam manis kenita matang. Buah ini selain mempunyai nama yang banyak juga mempunyai berbagai manfaat.

Manfaat buah sirsak antara lain sebagai berikut ini:

1. Mempunyai serat yang tinggi

Buah sirsak mempunyai kalori yang tinggi disertai vitamin c. Disisi lain sirsak juga mempunyai serat yang tinggi. Dalam penelitian yang pernah di lakukan sirsak mempunyai kandungan seperti kalori, protein, serat, vitamin, kalium, magnesium, tiamin. Tak hanya itu sirsak juga mengandung zat niasin, riboflavin, folat dan zat besi dalam jumlah yang kecil. Pernah dilakukan percobaan bahwa sirsak juga dapat membantu mengurangi peradangan hingga memperlambat pertumbuhan kanker.

2. Mempunyai anti oksidan yang tinggi

Anti oksidan merupakan zat yang dapat meminimalisir bahaya seperti radikal bebas yang dapat merusak sel. Antioksidan ini sangat penting untuk membantu mengurangi resiko beberapa penyakit seperti penyakit, kanker, diabetes dan jantung. Disebutkan dalam penelitian buah sirsak dapat membantu mencegah kerusakan dalam sel dan mempunyai zat seperti luteolin, quercetin dan tangeretin sebagai antioksidan.

3. Dapat membantu membunuh sel kanker.

Ada penelitian terhadap hewan yang pernah di sebutkan dengan ekstrak sirsak mampu mengurangi ukuran tumor, membunuh sel kanker dan membantu menaikan sistem imun tubuh.

4.Dapat membantu membunuh bakteri

Sirsak mempunyai berbagai manfaat lain dalam penelitian telah di sebutkan juga bahwa buah sirsak mempunyai sifat anti bakteri yang dapat membunuh berbagai macam bakteri yang dapat menimbulkan penyakit mulut seperti radang gusu, infeksi jamur ataupun kerusakan gigi. Dalam penelitian sirsak dapat melawan infeksi kolera dan staphylococcus.

5. Dapat membantu mengurangi peradangan

Dalam penelitian terhadap tikus ekstrak sirsak dapat mengurangi efek peradangan dan pembengkakkan.

6. Dapat membantu menstabilkan kadar gula darah.

Dalam penelitian yang di uji coba ke tikus diabetes di suntik dengan ekstrak sirsak selama dua pekan mempunyai 5 kali kadar gula yang lebih rendah di bandingkan kelompok yang tidak di obati dengan ekstrak sirsak.

Buah sirsak ini mempunyai berbagai macam manfaatnya namun alangkah baiknya juga di iringi dengan pola hidup yang sehat demi kesehatan tubuh anda. Anda juga dapat menkonsumsi multivitamin bila Anda kesulitan mencari buah ini multivitamin seperti becom zet, Imboost, neurobion forte, caviplex, enervon c dan berbagai macam lainnya.

Demikian artikel tentang "Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh Anda" semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image