Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

SMART Ekselensia Indonesia Cetak Generasi Mumpuni dan Lepas 33 Siswa Terbaiknya

Sabtu 28 May 2022 13:07 WIB

Red: Christiyaningsih

Sekolah SMART Ekselensia Indonesia menggelar wisuda Angkatan XIV.

Sekolah SMART Ekselensia Indonesia menggelar wisuda Angkatan XIV.

Foto: Smart Ekselensia
Sekolah SMART Ekselensia Indonesia menggelar wisuda Angkatan XIV

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sekolah SMART Ekselensia Indonesia menggelar Wisuda Angkatan XIV bertajuk “Generasi Berprestasi, Berakhlak Mulia, Berdaya Guna” pada Rabu (25/5/2022). Perhelatan itu berlangsung secara hibrid (daring dan luring) di pelataran halaman LPI (Lembaga Pengembangan Insani) Dompet Dhuafa, Kemang, Bogor.

Di momen bahagia itu, SMART Ekselensia mewisuda 33 siswanya. Sebanyak 14 orang di antaranya telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kalimantan Selatan, dan lainnya. Hal ini sekaligus menjadi pengingat akan kiprah SMART Ekselensia dalam membina anak-anak marginal selama 18 tahun ini.

Baca Juga

Kepala LPI Dompet Dhuafa Mulyadi Saputra dalam sambutannya memberikan motivasi dan inspirasi kepada wisudawan agar mampu menghadapi kehidupan pascasekolah dan menjawab tantangan bangsa melalui ide-ide hebat dan kreativitas. Ia menyampaikan SMART Ekselensia merupakan sekolah pencetak generasi muda mumpuni. Mulyadi juga berharap pascawisuda para alumni dapat menjadi versi terbaik dari dirinya.

“Saya berharap setelah lulus dari SMART, para alumni mampu mengaktualisasikan ilmu yang didapat sebagai bekal di kehidupan sehari-hari dan mengantarkan mereka menjadi generasi berprestasi, berakhlak mulia, dan juga berdaya guna sehingga mampu menggores sejarah bagi Indonesia,” ungkap Mulyadi.

Rangkaian Wisuda Angkatan XIV SMART diramaikan gabungan penampilan dari beberapa ekstra kurikuler kreatif SMART, resital Alquran, SMART Musik Medley, hingga pemutaran video dokumenter. Bahagia nan haru pun memuncak tatkala para orang tua wisudawan menyaksikan secara daring anak-anak mereka yang naik satu-persatu ke atas podium untuk penyematan gelar kelulusan sebagai simbol sukses melewati lima tahun perjuangan di SMART Ekselensia Indonesia.

“Mukmin yang tangguh tidak hanya sekedar selesai tapi harus melanjutkan semangat memiliki dampak perubahan. Munculkan pula kemampuan me-manage potensi. Manfaatkan waktu untuk kebaikan-kebaikan. Kuatkan akhlak dan adab. Sebab, hadirnya SMART Ekselensia muncul dari keprihatinan pendidikan dan kemiskinan. Dari generasi terbaik ini, melalui pendidikan, diharapkan dapat memutus rantai kemiskinan Indonesia. Dan yang penting dapat menjadi multilayer effect yang berdampak manfaat luas,” papar Ustaz Herman Budianto selaku GM Budaya, Dakwah, dan Pendidikan Dompet Dhuafa dalam kesempatannya di atas podium.

“Karena alhamdulillah hari ini teman-teman telah berhasil menaiki tangga lulus, tentu jangan lupa kuatkan iringi dengan rasa syukur. Sebab, hasil perjuangan teman-teman, orang tua, para guru, donatur, LPI, Dompet Dhuafa, serta semua stakeholder yang terlibat mendukung dan membimbing. Insya Allah para siswa SMART menjadi generasi dan umat terbaik,” imbuhnya.

Sebagai program pendidikan di LPI Dompet Dhuafa, SMART Ekselensia memiliki komitmen mempersiapkan calon pewaris negeri dengan memberikan pendidikan terbaik bagi anak marginal berprestasi dari seluruh Indonesia. Berdiri sejak tahun 2004, SMART berusaha menjawab tantangan bangsa dengan mengantarkan 90% anak didiknya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit di Indonesia. Dengan sistem kredit semester dan berasrama, siswa-siswa SMART berhasil menempuh Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) selama lima tahun yakni tiga tahun jenjang SMP dan dua tahun jenjang SMA.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA