Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Hanya Eril yang Membuat Ridwan Kamil Berurai Air Mata di Depan Wartawan

Sabtu 28 May 2022 09:39 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nur Aini

Putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (kiri) dikabarkan hilang saat berenang di sungai Aaree, Bern, Swiss.

Putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (kiri) dikabarkan hilang saat berenang di sungai Aaree, Bern, Swiss.

Foto: istimewa/instagram
Ridwan Kamil menangis saat Eril mengabarkan diterima di ITB

REPUBLIKA.CO.ID, Putra Pertama Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau biasa disapa Eril, hingga saat ini belum ditemukan setelah dilaporkan hilang di Sungai Aare, Swiss pada Kamis (26/5/2022). Tim SAR dan polisi Swiss saat ini masih terus mencari Eril.

Bagi Republika.co.id, ada momen yang tak bisa terlupakan soal kedekatan Ridwan Kamil atau Emil dengan Eril. Saat itu, 13 Juni 2017 di Rumah Dinas Wali Kota Bandung, di Pendopo, sejumlah wartawan sedang mengobrol santai di depan halaman rumah bersama Emil. Wartawan, mengajukan berbagai pertanyaan. 

Baca Juga

Ridwan Kamil menjawab semua pertanyaan dengan semangat. Tapi saat sedang asyik berbincang, tiba-tiba Eril berlari ke arah Ridwan Kamil mengabarkan kabar gembira.

Eril pun berteriak "Papah, aku diterima", Emil tiba-tiba menghentikan pembicaraannya dengan wartawan.

Ridwan Kamil lalu berlari ke arah anaknya dan langsung memeluk erat anaknya. Kedua anak dan ayah tersebut pun, saling berpelukan cukup lama. Ridwan Kamil pun menangis.

"Alhamdulillah, selamat ya nak..perjuangan tidak sia-sia," ujar Emil sambil berurai air mata.

Ridwan Kamil menangis terharu memeluk anaknya Eril yang memberitahukan lulus tes seleksi masuk perguruan tinggi negeri di depan semua wartawan yang saat itu sedang mewawancarainya. Eril, diterima di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB.

Bagi Republika.co.id, suasana tersebut menggambarkan sebuah ketulusan, kedekatan dan kehangatan sebuah keluarga yang saling mendukung dalam setiap fase kehidupan. Sebagai orang tua, hal itu menunjukkan betapa anak adalah segalanya dan menjadi prioritas.

Setelah beberapa tahun meliput kegiatan Ridwan Kamil baik sebagai wali kota Bandung hingga menjadi Gubernur Jawa Barat, rasanya Republika.co.id belum pernah melihat Ridwan Kamil se-emosional itu hingga tak segan berurai air mata di depan wartawan. 

Usai meluapkan emosinya, Emil menjelaskan, kalau ia menangis bahagia mendengar kelulusan anaknya tersebut. Karena, anaknya mengikuti tes jalur normal. Setiap hari, anaknya berusaha keras agar bisa diterima di ITB.

"Saya bahagia, terharu anak saya lulus. Karena, tak sia-sia saya mendidiknya menjadi anak sehat, cerdas, dan soleh. Ini, tesnya normal lho bersama anak lain se-Indonesia," katanya.

Baca juga : Saat di Aare, Eril Mengatur Siapa Saja yang Boleh Turun ke Sungai

Menurut Emil, saat mengikuti tes, anaknya memilih jurusan pertama Teknik Mesin dan pilihan keduanya Arsitek. Namun, ia diterima di ITB di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara. 

Emil menjelaskan, dalam mendidik kedua anaknya, ia selalu mengajarkan kesederhanaan. Bahkan, sejak SMA anaknya tak pernah dibelikan motor atau mobil. Tapi, ke sekolah harus naik sepeda.

"Anak saya, tak pernah pakai motor atau mobil ke sekolah. Siapa yang nggak bahagia sekarang masuk ITB melanjutkan bapaknya yang dulu juga lulusan ITB," katanya. 

Eril, semoga akan ada kabar baik dan bisa segera ditemukan dalam kondisi selamat. 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA