Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Sony Bakal Perluas Pasar Gim ke PC dan Seluler

Jumat 27 May 2022 19:02 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

PlayStation 4. Ilustrasi

PlayStation 4. Ilustrasi

Foto: Reuters
Sony menargetkan separuh gimnya ada di PC dan seluler apda 2025.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Sony berencana untuk setengah dari gimnya yang rilis ada di PC atau seluler pada 2025. Hal itu diungkap Sony saat presentasi yang diberikan selama hari investor tahunan perusahaan. 

Bagan yang ditampilkan selama presentasi menunjukkan target ini akan menjadi peningkatan besar dari rilisnya tahun ini, ketika sekitar seperempat dari rilis perusahaan akan ada di PC dan seluler. Sisanya dibagi antara konsol PlayStation 4 dan PlayStation 5.

Baca Juga

“Dengan memperluas ke PC dan seluler dan juga ke layanan langsung, kami memiliki peluang untuk beralih dari situasi yang hadir di segmen yang sangat sempit dari pasar perangkat lunak gim secara keseluruhan, menjadi hadir cukup banyak di mana-mana,” kata presiden Sony Interactive Entertainment Jim Ryan dalam komentar yang dilaporkan oleh Video Games Chronicle, dilansir dari The Verge, Jumat (27/5/2022).

Ryan mengatakan bahwa berinvestasi di PC dan seluler dapat menghasilkan “pertumbuhan signifikan dalam jumlah orang yang memainkan gim, jumlah orang yang menikmati gim, dan jumlah orang yang menghabiskan uang untuk gim.

Presentasi Sony menunjukkan perusahaan sudah menuai manfaat dari membawa judul seperti Horizon Zero Dawn, Days Gone, dan God of War ke PC, dengan penjualan bersih di platform lebih dari tiga kali lipat dari 80 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 1,16 triliun tahun lalu menjadi perkiraan 300 juta dolar AS atau sekitar Rp 4,3 triliun pada 2022.

Sony sedang vokal tentang rencananya untuk membawa lebih banyak judul ke PC; meluncurkan label PlayStation PC dan bahkan mengakuisisi pengembang port PC tahun lalu. 

Dalam sebuah slide, perusahaan  berencana untuk merilis gim mobile melalui beberapa cara yang berbeda, termasuk mengembangkan judul bersama dengan pengembang seluler yang ada serta membangun jaringan studionya sendiri.

Selain PC dan seluler, presentasi Sony menawarkan lebih banyak detail tentang ambisi permainan layanan langsungnya. Sony berencana untuk memiliki 12 waralaba layanan langsung yang beroperasi pada 2025, naik dari satu tahun lalu, dan tiga tahun ini.

Sony sebelumnya mengatakan pihaknya berencana untuk meluncurkan lebih dari 10 gim layanan langsung pada Maret 2026.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA