Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Erick Thohir Gencar Promosikan Produk Lokal

Jumat 27 May 2022 18:46 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Teguh Firmansyah

Menteri BUMN Erick Thohir mengecek fasilitas area publik di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta.

Menteri BUMN Erick Thohir mengecek fasilitas area publik di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta.

Foto: Dok. Istimewa
Erick meminta masyarakat untuk mendukung produk lokal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir tidak jemu-jemu mempromosikan produk lokal untuk naik kelas. Erick ingin, masyarakat Indonesia menggunakan produk lokal, sehingga bisa memajukan UMKM dan menggerakkan ekonomi nasional. Termasuk mengunjungi Sarinah di Jakarta yang banyak menjajakan produk lokal buatan UMKM.

Dalam unggahan video pendek di akun Instagram resminya, @erickthohir, Kamis (26/5), Erick terlihat mengunjungi Sarinah. Ia mendatangi sejumlah gerai dan mencoba sejumlah produk buatan lokal.

Baca Juga

“Cari produk lokal? Ya di @sarinah.indonesia paling pas. Jadi bukan hanya tempat cuci mata, tapi Sarinah ada untuk mendukung produk lokal dan UMKM. Sudah ke Sarinah?” tulis Erick Thohir dalam pengantar video pendeknya itu.

Dalam video itu, Erick berbincang dengan pengelola Sarinah di sebuah gerai sepatu.  “Ini kan banyak sekali produk-produk lokal yg kita dorong masuk ke Sarinah,” kata Erick Thohir.

Sejurus kemudian, Erick Thohir mengambil sebuah sepatu kulit untuk pria.  “Saya tidak mau membandingkan dengan sebuah merek di luar negeri. Tapi bagus banget ini. Ada sepatu kayak gini,” kata Erick.

Saat ditanya apakah Erick Thohir juga memakai sepatu lokal? Erick langsung menjawab, “Tentu lokal dong,” ujar Erick sambil menunjukkan merek di alas sepatunya

Erick Thohir juga mengunjungi sebuah gerai restoran. Erick sibuk foto-foto restoran tersebut. Ia mengajak guyon para pekerja di situ. Saat diajak masuk gerai, Erick Thohir sambil bercanda mengatakan, “Cuma foto doang, mau ngelaporin, ketemu saya tidak jadi-jadi.”

Sebelumnya, saat peresmian Sarinah, Erick Thohir menekankan, wajah baru Sarinah dapat membuat produk lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) naik kelas.

Erick meminta masyarakat untuk mendukung produk lokal sehingga karya anak bangsa dapat dinikmati semua kalangan dalam dan luar negeri. Selain itu, dengan mengutamakan produk lokal akan memberikan efek besar yang dapat membuka lapangan kerja.

“Seperti pesan Presiden yang meminta kita mengutamakan produk dalam negeri. Sebab, produk dalam negeri yang semakin maju, akan membuka jutaan lapangan kerja baru,” ujar Erick Thohir.

Hal tersebut bisa diwujudkan melalui Sarinah yang fokus pada penjualan produk lokal akan mendorong optimalisasi afirmasi Bangga Buatan Indonesia, seperti yang diamanatkan oleh Jokowi.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA