Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Apakah Ada Waktu yang Dilarang untuk Membaca Alquran?  

Jumat 27 May 2022 18:34 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustasi umat muslim membaca Alquran (tadarus). Membaca Alquran mempunyai sejumlah keutamaan di dunia dan akhirat

Ilustasi umat muslim membaca Alquran (tadarus). Membaca Alquran mempunyai sejumlah keutamaan di dunia dan akhirat

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Membaca Alquran mempunyai sejumlah keutamaan di dunia dan akhirat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sejumlah ibadah sudah ditentukan waktu dan lokasi pelaksanaannya, seperti sholat yang diwajibkan lima waktu dalam sehari. Namun bagaimana dengan ibadah membaca Alquran, apakah ada waktu yang dilarang? 

Melansir laman aboutislam.net, ulama asal Kanada Syekh Ahmad Kutty, menjelaskan membaca Alquran mendapat pahala yang besar.  

Baca Juga

 عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ-صلى الله عليه وسلم-  مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ  

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR At Tirmidzi) 

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bahkan menegaskan bahwa orang yang membaca Alquran meski terbata-bata akan tetap mendapat pahala.   

عَنْ عَائِشَةَ رضى الله عنها قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ ».

Artinya: “Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Alquran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Alquran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala.” (HR Muslim).   

Pembacaan Alquran diperbolehkan setiap hari, bahkan pada saat-saat ketika sholat wajib dilarang seperti bagi wanita yang haid atau nifas. 

Satu-satunya pertimbangan yang harus dilakukan adalah tentang sujud bacaan atau  sujud tilawah. Beberapa ulama Hanafi melarang sujud pada waktu-waktu yang dilarang sholat. 

Mayoritas ulama tidak menemukan larangan dalam membaca Alquran setiap saat, karena teks hadits yang berkaitan dengan waktu ibadah yang dilarang hanya mengacu pada sholat. Jika membaca Alquran telah jelas bahwa tidak ada larangan.

 

Sumber: aboutislam  

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA