Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Tips Liburan Panjang Bersama Anak-anak yang Wajib Anda Ketahui

Jumat 27 May 2022 19:50 WIB

Red: Gita Amanda

Liburan (Ilustrasi). Mengajak anak liburan ada beberapa hal yang perlu diketahui.

Liburan (Ilustrasi). Mengajak anak liburan ada beberapa hal yang perlu diketahui.

Foto: maxpixel
Memesan akomodasi lebih awal penting dilakukan untuk menghemat pengeluaran

REPUBLIKA.CO.ID, Liburan sekolah sebentar lagi! Apa Anda memiliki rencana mengajak si buah hati untuk pergi tamasya bersama keluarga tercinta pada libur panjang kali ini? Jika iya, tentunya terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, agar liburan semester jadi penuh makna. 

Tentunya, hal paling pertama yang perlu Anda pahami adalah libur panjang semester anak sekolah, tidak berlaku oleh orang dewasa, apalagi yang sudah bekerja. Kemudian, biasanya, pada libur panjang semesteran, hampir seluruh sekolah di nusantara secara serentak melaksanakan liburan ganti semester. Oleh karena itu, penting untuk memesan akomodasi penginapan hingga akomodasi transportasi lebih awal, agar tidak kena harga high season.

Untuk akomodasi penginapan, Anda dapat memanfaatkan promo hotel dari Traveloka, yang berlangsung pada promo EPIC Sale 31 Mei-6 Juni 2022, setiap hari mulai jam 08.00 Wib hanya di aplikasi Traveloka. Traveloka EPIC Sale #JadiEPICLagi dengan Diskon EPIC Tanpa Kupon sampai 80 persen untuk liburan dengan berbagai produk Traveloka. Ikuti keseruan EPIC Hour, EPIC Mission dan Grand Bazaar untuk tambahan kupon diskon dan penawaran EPIC lainnya!

Selain sebagai tips untuk liburan panjang saat semester, tips-tips berikut ini juga dapat Anda aplikasikan pada masa liburan lainnya, seperti libur tahun baru hingga libur hari raya besar. Berikut ini tips-tipsnya!

Merencanakan tujuan destinasi wisata

Pertama, merencanakan ke mana Anda akan pergi saat libur panjang tiba. Entah itu hanya pergi ke luar kota hingga ke luar negeri, hal ini penting untuk dilakukan. Perhitungan hari liburan panjang pun juga wajib Anda pertimbangkan. Tak hanya itu, Anda juga harus sudah membuat planning destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi.

Anda dapat mengajak anak-anak Anda untuk berpartisipasi dalam menentukan tempat wisata yang ingin mereka singgahi. Hal ini juga dapat menjadi satu bagian yang mendidik, yaitu anak-anak diajak untuk berdiskusi, mengeksplor, serta merencanakan suatu hal yang ingin mereka lakukan selama waktu liburan tiba.

Sudah menentukan tujuan wisata, jangan lupa beli tiket

Tentu saja, ini merupakan hal yang penting untuk Anda pertimbangkan. Entah itu Anda akan membeli tiket pada waktu tiba atau jauh-jauh hari, yang paling penting adalah apabila membeli jauh-jauh hari terlebih jauh sebelum waktu high season tiba, pengeluaran Anda yang berkaitan soal tiket tidak akan membengkak.

Pembelian tiket mungkin akan menjadi pengecualian, ketika Anda berpergian ke tempat wisata yang berkaitan dengan alam. Biasanya, hal ini hanya dapat dilakukan di tempat. Pastikan untuk menyiapkan uang tunai yang cukup ketika pergi ke tempat wisata seperti ini.

Memesan tiket akomodasi transportasi dan penginapan

Setelah tujuan wisata dan tiket telah aman, langkah selanjutnya adalah memilih akomodasi penginapan serta transportasi selama berlibur panjang bersama keluarga. Perlu diketahui, bahwa bukan hanya tiket tempat wisata saja yang mengalami kenaikkan harga saat musim liburan panjang tiba.

Namun, hal ini juga berlaku dengan harga tiket akomodasi transportasi dan penginapan. Oleh karena itu, penting untuk Anda untuk memesan lebih dahulu dua hal ini lebih awal. Hal ini berguna agar Anda mendapatkan harga serta akomodasi yang nyaman dan tentunya sudah Anda inginkan.

Terlebih, ketika Anda pergi bersama keluarga tercinta dan si buah hati. Kenyamanan saat berkendara dan istirahat merupakan hal utama yang perlu dipertimbangkan. Apabila Anda memesan akomodasi transportasi dan penginapan pada waktu satu bulan sebelum berangkat saja, harganya bisa sudah naik beberapa kali lipat dari sebelumnya.

Mempersiapkan pakaian

Terlihat sepele, namun tetap memengaruhi secara keseluruhan kegiatan liburan panjang Anda, yaitu pakaian. Anda harus memastikan bahwa tempat tujuan liburan Anda itu sesuai dengan pakaian yang akan Anda bawa. Apalagi, ketika Anda berencana untuk berliburan ke luar negeri yang memiliki jadwal empat musim.

Apabila Anda salah membawa baju, tentunya akan memengaruhi cuaca dan kenyamanan Anda saat liburan. Bayangkan saja, ketika Anda membawa baju untuk musim panas, ternyata negara tujuan Anda sedang berada pada musim salju.

Apabila hal ini terjadi, Anda mau tidak mau harus membeli beberapa potong pakaian lagi untuk menghangatkan tubuh. Artinya, perlu ada uang keluar lagi untuk hal-hal yang tidak diingin atau tidak diekspektasikan, yang mana bisa memengaruhi pengeluaran keuangan yang sudah ada Anda persiapkan dengan matang sebelumnya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika liburan musim panjang bersama anak-anak sama musim liburan semester tiba. Namun, Anda tidak perlu khawatir, kini, liburan bisa menjadi lebih mudah dipersiapkan dengan bantuan Traveloka.

Hanya mengandalkan satu aplikasi, Anda dapat memesan tiket pesawat, memesan kamar penginapan, hingga mencari wisata kuliner dan tiket destinasi wisata secara mudah. Jadi, apalagi yang Anda tunggu? Segera cek Traveloka sekarang juga.

 

 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA