Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Setelah Lebaran, Seperti Inilah Kondisi Pasar Mobil Bekas

Kamis 26 May 2022 20:35 WIB

Red: Hiru Muhammad

Pekerja mengecek mobil bekas di bursa mobil bekas, Blok M, Jakarta, Ahad (27/2/2022).  Pasar mobil bekas Tanah Air diprediksi mengalami peningkatan di tahun ini. sejak awal 2022, penjualan mobil bekas sudah mengalami peningkatan sekitar 30 hingga 40 persen. Tren kenaikan ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga bulan Mei mendatang. Republika/Thoudy Badai

Pekerja mengecek mobil bekas di bursa mobil bekas, Blok M, Jakarta, Ahad (27/2/2022). Pasar mobil bekas Tanah Air diprediksi mengalami peningkatan di tahun ini. sejak awal 2022, penjualan mobil bekas sudah mengalami peningkatan sekitar 30 hingga 40 persen. Tren kenaikan ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga bulan Mei mendatang. Republika/Thoudy Badai

Foto: Republika/Thoudy Badai
Kinerja positif tidak hanya didukung pasar, melainkan juga inovasi kalangan industri

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Kinerja industri mobil bekas di Tanah Air pada tahun ini diperkirakan akan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Itu sejalan dengan keberhasilan vaksinasi massal, pameran otomotif akbar hingga diperbolehkannya mudik Lebaran 2022 dengan skala besar yang berdampak positif pada daya beli masyarakat khususnya industri mobil bekas. 

Berdasarkan data internal OLX Autos, kebijakan pemerintah yang memperbolehkan mudik Lebaran 2022 membuat terjadinya peningkatan penjualan hingga lebih dari 30 persen. Pada Lebaran 2021, peningkatan penjualan  hanya  terjadi  sekitar  10 persen  seiring  dengan  dilakukannya  pembatasan perjalanan saat Lebaran.

Baca Juga

Director Classified and New Business OLX Autos Indonesia Agung Iskandar mengatakan pencapaian positif diprediksi masih akan terus terjadi pada pasar mobil bekas Tanah Air seiring dengan terus membaiknya permintaan dan perekonomian dalam negeri. "Seperti yang terlihat pada Ramadhan tahun ini, dengan diperbolehkannya mudik Lebaran 2022, kami melihat adalah antusiasme festive season (Ramadhan & Jelang Lebaran) yang luar biasa dan tentunya sangat berpengaruh pada kinerja penjualan kami," katanya, dalam diskusi kampanye #PilihYangPasti, Rabu (26/5/2022).

Kendati pencapaian tahun ini kemungkinan belum melampaui  pencapaian  masa  sebelum  terjadinya  pandemi  Covid-19, pihaknya optimistis industri pasar mobil bekas akan terus bangkit. Bahkan bisa lebih baik dari sebelum pandemi ke depannya. Apalagi potensi pasar mobil bekas yang masih luas serta daya beli masyarakat yang tinggi, diharapkan industri ini akan terus menunjukkan pergerakan positif.

Kinerja positif pasar mobil bekas bukan hanya didorong oleh faktor perekonomian dalam negeri, tetapi juga didukung oleh strategi dan inovasi yang dilakukan para pemain di industri ini. OLX Autos resmi hadir melayani masyarakat Indonesia pada saat pandemi Covid-19  pada 7 Juli 2020. Sama halnya dengan sebagian besar industri lainnya, OLX Autos juga menghadapi tantangan pada awal pandemi. 

Namun pihaknya tetap berkomitmen untuk terus melakukan ekspansi dan mengembangkan inovasi teknologi guna mendorong pemulihan industri sekaligus memperluas ekosistem tata niaga mobil bekas. Di sisi lain, untuk terus mendekatkan diri konsumen sekaligus memperluas ekosistem pasar mobil bekas di Indonesia, pada tahun ini  OLX Autos melakukan kolaborasi dengan  Indonesia  Modification  and  Lifestyle  Expo  (IMX).

 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA