Kamis 26 May 2022 19:50 WIB

IKA Unhas Segera Luncurkan Institut Bisnis dan Profesi

Berbagai diklat akan dilaksanakan secara rutin ke depan di Institut Bisnis ini.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andi Nur Aminah
Kepala Sekolah Institut Bisnis dan Profesi, IKA Unhas Muhammad Ramli Rahim
Foto: Istimewa
Kepala Sekolah Institut Bisnis dan Profesi, IKA Unhas Muhammad Ramli Rahim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin, Andi Amran Sulaeman berencana meluncurkan Institut Bisnis dan Profesi (IBP) IKA Unhas pada 28 Mei 2022 mendatang, di Gedung Pertemuan Alumni, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar. IBP IKA Unhas mengajak siapapun untuk berubah menjadi pribadi lebih baik. 

Saat ini, IBP IKA Unhas mengusung slogan Change Your Mindset, Change Your Life. IBP IKA Unhas membuka kesempatan kepada siapa pun untuk terlibat, baik sebagai pelatih maupun sebagai peserta. Berbagai diklat akan dilaksanakan secara rutin ke depan.

Baca Juga

"IBP IKA Unhas saat ini mengajak siapa pun alumni Unhas untuk berbagi kepada alumni lainnya yang membutuhkan dengan mengusung konsep partisipatif. Alumni diminta kerelaannya untuk mendaftarkan diri sebagai pelatih dan mengikuti 'Pelatihan untuk Pelatih Tanpa Pelatih' Pelatihan ini insya Allah juga akan dilaksanakan saat peluncuran resmi IBP IKA Unhas," kata Kepala Sekolah IBP IKA Unhas Muhammad Ramli Rahim dalam keterangan resmi, Kamis (26/5/2022). 

Ramli menyebut saat ini sudah ada 88 calon pelatih dan untuk angkatan pertama. Pelatih akan dibatasi maksimal 100 calon pelatih. Sehingga para alumni yang ingin berpartisipasi membagikan kemampuan, keahlian, strategi dan tekniknya masih bisa mengajukan diri.

"Insya Allah IBP IKA Unhas mengusung prinsip partisipatif sehingga IBP IKA Unhas akan memprioritaskan alumni yang dengan sukarela dan keinginan besar untuk berbagi mendaftarkan dirinya," ujar Ramli. 

Ramli mengatakan IBP IKA Unhas akan memprioritaskan alumni yang memiliki keterpanggilan yang lebih besar. Adapun konsep yang diusung adalah pendampingan dimana pelatihnya disebut coach bukan trainer. 

"Sebab pelatih diharapkan bukan hanya berceramah di hadapan alumni tapi mau terlibat mendampingi alumni yang tertarik hingga sang alumni mampu mengimplementasikan apa yang diperolehnya di ruang pelatihan," ucap Ramli. 

Untuk selanjutnya, IBP IKA Unhas akan menghadirkan para pelatih tamu yang memiliki level tinggi. Seperti para pengusaha nasional seperti Chairul Tanjung, Jusuf Kalla, dan lainnya. Lalu juga para politisi hebat, para ketua parpol, menteri dan mantan menteri, gubernur hebat, artis papan atas, jurnalis terkemuka dan seluruh yang terkemuka di bidangnya termasuk para mantan presiden negeri ini.

Pada level selanjutnya, IBP IKA Unhas akan mengundang para pesohor dunia seperti Jack Ma, Elon Mask, Mark Zuckerberg, Edrogan. "Namun tentu saja prioritas utama tetap pada alumni Unhas yang sukses di berbagai level termasuk di level dunia seperti Taruna Ikrar dan memiliki daya keterpanggilan tinggi menarik alumni lainnya untuk sukses bersama," ucap Ramli. 

IBP IKA Unhas dipimpin oleh seorang kepala sekolah didampingi 26 Wakil Kepada Sekolah. Selai itu, ada 17 Komite Institut dibantu Direktur Eksekutif bersama 20 anggotanya dan Direktur Keuangan dan beberapa anggotanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement