Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Zelenskiyy Perintahkan Akhiri Perjalanan Bebas Visa Bagi Warga Rusia

Kamis 26 May 2022 14:25 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha

 Seorang wanita tua memegang paspor Rusia. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiyy pada Rabu (26/5/2022) waktu setempat memerintahkan diakhirinya perjalanan bebas visa bagi warga Rusia.

Seorang wanita tua memegang paspor Rusia. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiyy pada Rabu (26/5/2022) waktu setempat memerintahkan diakhirinya perjalanan bebas visa bagi warga Rusia.

Foto: AP/Alexei Alexandrov
WN Rusia saat ini diizinkan untuk mengunjungi negara tetangga Ukraina tanpa visa.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiyy pada Rabu (26/5/2022) waktu setempat memerintahkan diakhirinya perjalanan bebas visa bagi warga Rusia. Hal ini dilakukan karena menurutnya perlu meningkatkan keamanan perbatasan setelah invasi Moskow.

Warga negara Rusia saat ini diizinkan untuk mengunjungi negara tetangga Ukraina tanpa visa. Dalam perintah yang diposting di situs web kepresidenan, Zelenskiyy mengatakan dia mendukung petisi yang diajukan oleh seorang warga yang meminta agar praktik ini diakhiri.

Baca Juga

"Dengan latar belakang agresi Rusia skala penuh, masalah yang diangkat penting dan vital. Saya mendukung perlunya memperkuat kontrol terhadap masuknya warga Rusia,” katanya.

Zelenskiy mengatakan dia telah mengirim surat kepada Perdana Menteri Denys Shmyhal memintanya untuk menangani masalah ini. Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Presiden Rusia Vladimir Putin awal bulan lalu menandatangani dekrit yang memperkenalkan pembatasan visa bagi warga negara yang dianggap Moskow "tidak ramah", termasuk Ukraina.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA