Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rutan Pasangkayu

Kuliah Online di Penjara, Rutan Pasangkayu Fasilitasi WBP Untuk Melanjutkan Pendidikan di Perguruan

Info Terkini | Wednesday, 25 May 2022, 08:57 WIB
WBP Rutan Kelas IIB Pasangkayu Sedang Melaksanakan Kuliah Onilne. Foto: Rutan Pasangkayu/dok (25/05)

Pasangkayu - Mengenyam Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara yang dijamin oleh Pancasila tanpa terkecuali sekalipun seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), mereka tetap berhak mendapatkan pendidikan. Rutan Kelas IIB Pasangkayu memberikan bantuan untuk WBP yang sedang kuliah di Universitas Terbuka dengan memberikan fasilitas yang dibutuhkan dalam proses perkuliah seperti kuliah online dengan menyediakan tempat dan komputer.

Pada Rutan Kelas IIB Pasangkayu terdapat WBP yang melanjutkan pendidikannya dimasa tahanan yang dia jalani. WBP an. Zulfikar tersebut kuliah di Universitas Terbuka di jurusan Ilmu Komunikasi dan telah menyelesaikan 5 semester dan saat ini sedang melanjutkan kuliah pada semester 6 secara online atau daring.

Setiap minggunnya, WBP tersebut memiliki 2 mata kuliah yang dilaksanakan secara online melalui media zoom yang difasilitasi oleh Rutan Kelas IIB Pasangkayu di bagian subskesi Pelayanan Tahanan. Hal ini menunjukkan bahwa Rutan Pasangkayu berperan aktif dalam mendukung WBP untuk mencerdaskan kehidupan bangsa khusunya membantu WBP dalam melanjutkan pendidikannya.

Diskusi Dengan WBP Rutan Kelas IIB Pasangkayu yang Menjalani Kuliah Onilne. Foto: Rutan Pasangkayu/dok (25/05)

Terkadang WBP juga menemui beberapa kendala dengan perkuliahannya seperti WBP harus menyelesaikan tugas dari dosen akan tetapi waktu yang diberikan tidak cukup karena harus Kembali kedalam kamar hunian terutama saat malam hari. Selain itu, kendala jaringan yang terkadang tidak stabil menjadi masalah yang dapat menghambat pembelajaran WBP tersebut.

Meskipun demikian, masalah tesebut bukan menjadi penghalang bagi WBP untuk melanjutkan pendidikan. Pemberian kebijakan untuk melanjutkan pendidikan di Rutan Pasangkayu ini diharapkan dapat membantu WBP agar layak Kembali ke masyarakat dengan membawa bekal ilmu yang ia pelajari selama proses penahanan dan dapat berguna untuk dirinya sendiri dan orang lain.

WBP Rutan Kelas IIB Pasangkayu Sedang Melaksanakan Kuliah Onilne. Foto: Rutan Pasangkayu/dok (25/05)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image