Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Berdikari Datangkan Sapi Qurban dari Sentra Lokal Bebas PMK

Kamis 26 May 2022 09:07 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya

PT Berdikari (Persero)

PT Berdikari (Persero)

Foto: https://berdikari-persero.co.id/
Saat ini fokus Berdikari melakukan mobilisasi sapi bakalan lokal dari peternak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Berdikari (Persero) berupaya mendukung pemerintah untuk mencukupi kebutuhan sapi qurban dari sentra sapi lokal bebas penyakit mulut dan kuku. Hal ini mengonfirmasi disinformasi sebelumnya yang menyebutkan Berdikari akan melakukan impor sapi hidup asal Brasil.

Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara mengatakan mobilisasi ini bekerja sama langsung dengan sistem tol laut oleh Kementerian Perhubungan dan tentunya dalam mobilisasi ini sesuai dengan prosedur pengawasan lalu lintas hewan yang masuk maupun keluar melalui pintu-pintu pelabuhan oleh Badan Karantina Kementerian Pertanian.

Baca Juga

“Saat ini fokus Berdikari melakukan mobilisasi sapi bakalan lokal dari peternak di wilayah Sumatera, Jawa Tengah hingga Sumbawa dan Nusa Tenggara Barat yang telah dilakukan dari awal 2022,” ujarnya, Kamis (26/5/2022).

Menurutnya seluruh hewan yang keluar masuk ke pulau Jawa harus melalui pemeriksaan, semua mobil yang mengangkut hewan terlebih dulu dilakukan desinfeksi. “Kalaupun ada hewan yang bermasalah maka Kementan telah menyiapkan penanganan dan tempat instalasi karantina hewan,” ucapnya.

Dari sisi pasokan, lanjut Harry, perseroan berupaya mencukupi kebutuhan hewan hidup selama Hari Raya Idul Adha 2022. Hewan-hewan ternak Berdikari juga telah diawasi dengan ketat oleh dokter hewan dan dinas terkait guna memastikan kesehatannya.

“Sapi, domba, dan kambing sehat kami persiapkan kebutuhan kurban hari raya Idul Adha. Kami pastikan daging sapi domba dan kambing yang didistribusikan tersebut aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH) karena sudah melalui proses pemeliharaan, pemeriksaan berkala dan pemotongan yang termonitor ketat sesuai standar biosecurity yang berlaku,” ucapnya.

Ke depan, Harry memastikan prosesi kurban dapat berjalan tetap khidmat. Menurutnya perseroan sudah bekerjasama dengan sentra-sentra pemotongan hewan.

“Adanya kerja sama ini, Berdikari berupaya memastikan kesehatan, keamanan dan kebersihan hewan qurban baik sebelum maupun setelah disembelih nantinya,” ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA