Kamis 26 May 2022 08:50 WIB

Sultan HB X Ragu Tol Yogya-Solo Bisa Selesai 2024

Saat ini, pengadaan lahan pun juga masih terus berlanjut.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, pengerjaan Tol Yogyakarta-Solo terus berlanjut. Meskipun begitu, Sultan meragukan proyek Tol Yogyakarta-Solo ini akan rampung pada 2024 mendatang.

"Sudah tidak mungkin selesai di 2024, mungkin 2024 (pembangunannya) baru sampai Prambanan atau sampai Yogya," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (24/5/2022).

Hal ini dikarenakan pengadaan lahan yang belum merata. Sultan menyebut, pengerjaan tol ini dimulai dari timur yakni Solo.

"Karena pembebasan kan dua tahun, 2020 sampai 2022 kan relatif pembebasan tanahnya belum merata, yang banyak kan di sebelah timur, tapi dilanjutkan," ujar Sultan.

 

Saat ini, pengadaan lahan pun juga masih terus berlanjut. Pengadaan lahan ini, katanya, diperkirakan baru akan selesai bulan depan.

"Mungkin 2024 sudah sampai Prambanan sudah lumayan karena dua tahun kan stuck," jelasnya.

Terkait dengan Tol Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA), Sultan menyebut Izin Penetapan Lokasi (IPL) sudah diterbitkan. Namun, baru sebagian yang IPL-nya sudah diterbitkan.

"Ini harapan saya sudah bisa jalan karena sudah clear hari Rabu pekan lalu," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement