Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

BRI Salurkan Kredit Green Sector Rp 71,5 Triliun Per Maret 2022

Kamis 26 May 2022 08:37 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) (BRI) Tbk berupaya memacu penyaluran kredit berkelanjutan. ilustrasi)

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) (BRI) Tbk berupaya memacu penyaluran kredit berkelanjutan. ilustrasi)

Foto: republika/wihdan hidayat
Penyaluran pembiayaan ke green sector ditopang oleh aksi korporasi perseroan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) (BRI) Tbk berupaya memacu penyaluran kredit berkelanjutan. Tercatat pembiayaan green sector dengan realisasi kredit sebesar Rp 71,5 triliun pada Maret 2022 atau 7,5 persen dari total penyaluran kredit.

Direktur Digital & IT BRI Arga M Nugraha mengatakan penyaluran pembiayaan ke green sector ditopang oleh aksi korporasi perseroan, yakni penerbitan sustainability bond senilai 500 juta dolar AS pada 2019. Adapun dana yang dihimpun perseroan telah digunakan aktivitas sosial sebesar 69 persen dan green projects sebesar 31 persen.

Baca Juga

“Kami melihat bahwa presentasi ini akan semakin meningkatkan dan pembiayaan ke green sector ini juga berbanding lurus dengan prinsip tumbuh berkelanjutan yang diterapkan perusahaan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (26/5/2022).

Menurutnya perseroan juga berupaya membangun awareness terkait isu krusial ini. Menurut Arga, penting bagi negara G20 sebagai negara dengan skala ekonomi besar punya peran krusial dalam mengamplifikasi awareness untuk menjaga dan melestarikan bumi. “Ini sangat penting bagi kita, khususnya para generasi muda,” tutur Arga.

Hal ini sejalan dengan upaya Indonesia yang turut serta dalam mewujudkan net zero emission atau netralitas karbon yang ditargetkan pada 2060. Adapun upaya lanjutan terus digalakkan oleh berbagai pihak, termasuk dalam meningkatkan peran ke sektor hijau (green sector), sehingga manusia dapat hidup di bumi yang berkelanjutan dan layak huni (sustainable and Liveable planet).

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA