Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abah Konten

AS Roma Akhiri Penantian 14 Tahun Angkat Trofi

Olahraga | Thursday, 26 May 2022, 05:14 WIB
Pemain AS Roma mengangkat trofi Europa Confrence League 2021/2022. Sumber: Republika.

AS Roma mengakhiri penantian 14 tahun untuk kembali mengangkat trofi bergengsi usai mengalahkan Feyenoord, Kamis (26/5/2022) dini hari WIB. Berkat kemenangan tipis 1-0 di final, Il Lupi kini resmi berstatus juara UEFA Europa Conference League musim 2021-2022.

Nicolo Zaniolo menjadi pahlawan dalam laga ini. Gelandang serang berusia 22 tahun sukses menyarangkan gol kemenangan ke gawang Feyenoord pada menit ke-32. Usai menyambut bola di dalam kotak penalti dengan kontrol baik, ia mampu menaklukkan kiper Justin Bijlow dari sepakan jarak dekat.

Gol ini menjadi satu satunya hingga babak kedua berakhir sekaligus mengunci gelar untuk Roma. Penggawa dan suporter Il Lupi pun merayakan dengan gegap gempita. Sebab, untuk pertama kalinya sejak 14 tahun, mereka akhirnya mampu mengangkat trofi lagi.

Roma terakhir kali mengangkat piala pada turnamen Coppa Italia musim 2007-2008. Sementara di kancah Eropa, mereka hanya mencapai partai final pada musim 1983/1984 ketika menghadapi Liverpool dalam Liga Champions. Giallorossi saat itu kalah adu penalti 2-4 setelah imbang 1-1 selama 120 menit.

Pelatih AS Roma Jose Mourinho ikut menjadi salah satu sorotan dalam raihan gelar ini. Mou kini tercatat sebagai manajer/pelatih pertama yang memenangkan tiga turnamen Eropa dengan empat klub berbeda.

Ia pernah meraih gelar Piala UEFA dan Liga Champions selama melatih Porto. Pada musim 2009-2010, ia juga sukses memboyong trofi Liga Champions ke Inter Milan. Saat melatih Manchester United, tembus ke final Liga Europa dan memenangkannya pada 2017.

Kini, bersama Roma, ia pun untuk pertama kalinya Mou merebut piala Conference League musim 2021/2022 dan menorehkan sejarah baru.

Sumber: Football Italia, Republika, Wikipedia

Baca juga: AS Roma Pernah Kalahkan Feyenoord di Liga Europa 2014-2015

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image