Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mohamad Su'ud

Bersabar di Jalan Dakwah

Agama | Wednesday, 25 May 2022, 11:45 WIB
Ilustrasi (DokPri)

Akhir ayat ketiga surat Al-Ashr, Allah Subhaanahuu wata'ala, memuji orang-orang yang teguh dalam kesabaran.

اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Artinya: "kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran".

Jangankan berjalan, orang sedang tidur saja bisa jatuh, keselio, dan sebagainya. Kalau kita mau mengambil posisi aman, dipastikan tidak akan pernah ada, karena apapun itu sebagai sebuah pilihan hidup. Setiap sikap yang kita ambil ada konsekuensinya.

Apalagi kalau kita posisi mengambil dijalan Al-Haq, disitu "tersedia" deretan penghalang. Inilah sunnatullah.

Jalan dakwah, jalan para nabi.

Rosulullah diuji oleh orang kafir Quraisy, termasuk diuji oleh keluarga dekat, pamannya Abu Lahab. Nabi Nuh diuji lewat istri dan anaknya, begitu juga Nabi Luth. Nabi Ibrahim diuji melalui ayahandanya. Para nabi yang lain juga tidak lepas dari ujian.

Kalau kita mau mulus-mulus saja, jalan yang mana itu?

Ujian Para Ulama dan tokoh

Kyai Haji Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah, dituduh kafir pada awal merintis dakwahnya. Prof. Dr. Buya Hamka pernah difitnah dan dipenjara di era orde lama.

Kebatilan versus kebenaran

Anda yang memilih jalan ini bersiaplah menemukan badai. Anda yang meniti jalan ini bersiaplah rantai kebencian akan datang.

اَمْ حَسِبْتُمْ اَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَعْلَمِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ جَاهَدُوْا مِنْكُمْ وَيَعْلَمَ الصّٰبِرِيْنَ

"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antara kamu, dan belum nyata orang-orang yang sabar" (Qur'an Surah Ali 'Imran: 142)

وَالَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِيْنَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَاۗ وَاِنَّ اللّٰهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِيْنَ

"Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridaan) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh, Allah beserta orang-orang yang berbuat baik.". (Surah Al-'Ankabut: 69)

Selamat bagi Anda yang menempuh jalan para nabi, sahabat dan salafus Sholeh.

JALAN DAKWAH, JALAN SURGA.

InsaAllah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image