Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Portugal Konfirmasi 10 Kasus Baru Cacar Monyet

Rabu 25 May 2022 21:06 WIB

Red: Indira Rezkisari

Foto yang dipasok CDC pada 1997 menunjukkan salah satu kasus cacar monyet di Republik Demokratik Kongo.  Ilmuwan masih belum mengerti penyebab kian banyaknya kasus cacar monyet terdeteksi di Eropa dan Amerika Utara pada 2022. Penyakit ini awalnya banyak ditemukan di Afrika.

Foto yang dipasok CDC pada 1997 menunjukkan salah satu kasus cacar monyet di Republik Demokratik Kongo. Ilmuwan masih belum mengerti penyebab kian banyaknya kasus cacar monyet terdeteksi di Eropa dan Amerika Utara pada 2022. Penyakit ini awalnya banyak ditemukan di Afrika.

Foto: CDC via AP
Total sudah ditemukan 49 kasus cacar monyet di Portugal.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Otoritas Direktorat Jenderal Kesehatan Portugal (DGS) mengonfirmasi 10 kasus baru cacar monyet pada Rabu (25/5/2022). Angka tersebut menambah total menjadi 49 kasus dan menyamai jumlah infeksi yang terkonfirmasi di negara tetangga, Spanyol.

Kedua negara Iberia itu sudah menjadi di antara pusat utama wabah baru-baru ini dari virus yang biasanya ringan di luar daerah endeminya di beberapa bagian Afrika Barat dan Tengah. DGS mengatakan seluruh kasus terkonfirmasi sudah ditemukan pada laki-laki, sebagian besar berusia di bawah 40 tahun.

Baca Juga

Semuanya dalam kondisi yang stabil dan tidak ada yang dirawat inap.

Spanyol mengonfirmasi satu kasus tambahan pada Rabu (25/5/2022). Wilayah Madrid, di mana hampir seluruh infeksi di negara itu sudah terdeteksi dan sebagian besar terkait dengan sauna dewasa, akan memperbarui jumlahnya pada Rabu.

Sebagian besar infeksi yang terdeteksi secara global sejauh ini dalam wabah belum parah dan banyak, tetapi tidak semua, dilaporkan pada laki-laki yang berhubungan dengan laki-laki. Gejalanya meliputi demam dan ruam bentol yang khas, dilansir dari Reuters.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA