Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

PMI DIY Beri Piagam Penghargaan Relawan Mudik Lebaran 2022

Rabu 25 May 2022 20:59 WIB

Red: Ilham Tirta

GBPH Prabukusumo.

GBPH Prabukusumo.

Foto: Antara
Penghargaan diharapkan dapat memberikan inspirasi tentang menebar kebaikan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) mengapresiasi para relawan yang membantu pelayanan kesehatan selama arus mudik Lebaran 2022. Mereka juga diberikan piagam penghargaan saat Peringatan Hari Palang Merah Dunia di Yogyakarta, Rabu (25/5/2022).

"Alhamdulillah mudik berjalan lancar, masyarakat dapat dilayani dengan baik. Kini saatnya kita mengapresiasi kinerja relawan yang telah bekerja sukarela melayani masyarakat," kata Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo.

Baca Juga

Sesuai tema peringatan Hari Palang Merah Sedunia tahun 2022, yakni Be Human Kind, ia berharap penghargaan yang diberikan kepada relawan dari unsur PMI DIY itu dapat memberikan inspirasi, menggugah banyak orang tentang kepedulian, kemanusiaan, serta tentang menebar kebaikan. Torehan kenangan dan pengalaman Henry Dunant 159 tahun yang lalu dalam buku 'A Memory of Solferino', kata dia, telah membidani lahirnya sebuah organisasi kemanusiaan berbasis kerelawanan.

"Aksi-aksi kemanusiaannya telah mewarnai dunia, baik saat perang, konflik, kebencanaan, krisis kesehatan, maupun krisis kemanusiaan maupun saat damai," kata dia.

Prabukusumo menuturkan, relawan PMI bekerja tanpa membedakan agama, bangsa, suku bangsa, warna kulit, jenis kelamin, golongan, dan pandangan politik. Saat siaga Lebaran 2022, PMI DIY mendirikan 20 Pos Pelayanan Ambulans dan Pertolongan Pertama dengan menerjunkan 22 ambulans.

PMI, kata dia, juga menugaskan personel yang memiliki latar belakang medis, paramedis, maupun relawan yang mempunyai keterampilan pertolongan pertama.

Ketua Bidang Donor Darah PMI DIY, dr Suryanto menambahkan, pelayanan darah PMI selama libur lebaran di DIY juga berjalan dengan baik dengan stok darah yang mencukupi. "Stok darah saat lebaran mencukupi, kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, kepada pendonor darah yang berperan serta menjaga stok darah tetap aman saat libur lebaran tahun ini," ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA