Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Hore, Warga Bekasi Bisa Nikmati CFD Lagi Mulai Ahad

Rabu 25 May 2022 20:41 WIB

Red: Ani Nursalikah

Sejumlah warga mengendarai sepeda saat gelaran Car Free Day (CFD) Bekasi di area Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, Jawa Barat, Ahad (12/7). CFD tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan  seperti pengecekan suhu tubuh, penyemprotan pembersih tangan, penyemprotan disinfektan dan bagi anak dibawah umur lima tahun dilarang masuk ke area CFD. Namun aktivitas jarak fisik masih sulit diterapkan pada gelaran tersebut akibat pergerakan warga yang masif. Hore, Warga Bekasi Bisa Nikmati CFD Lagi Mulai Ahad

Sejumlah warga mengendarai sepeda saat gelaran Car Free Day (CFD) Bekasi di area Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, Jawa Barat, Ahad (12/7). CFD tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh, penyemprotan pembersih tangan, penyemprotan disinfektan dan bagi anak dibawah umur lima tahun dilarang masuk ke area CFD. Namun aktivitas jarak fisik masih sulit diterapkan pada gelaran tersebut akibat pergerakan warga yang masif. Hore, Warga Bekasi Bisa Nikmati CFD Lagi Mulai Ahad

Foto: Republika/Thoudy Badai
CFD Bekasi rencananya dimulai pada pukul 06.00-09.00 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menggelar kembali hari bebas kendaraan bermotor di ruas jalur protokol Jalan Ahmad Yani hingga Bundaran Summarecon mulai Ahad (29/5/2022).

"Pak Plt (Wali Kota Bekasi) sudah menginstruksikan untuk menggelar kembali car free day (CFD) ini mulai akhir pekan nanti," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Yayan Yuliana, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga

Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi selaku penanggung jawab kegiatan hari bebas kendaraan bermotor tengah mempersiapkan teknis pelaksanaan agar berjalan aman serta tertib. Persiapan dimulai dengan rapat lintas perangkat daerah terkait membahas teknis pelaksanaan, pengamanan, penjagaan, ketertiban, hingga kebersihan usai acara.

Yayan mengatakan kegiatan tersebut rencananya dimulai pada pukul 06.00-09.00 WIB sama seperti kegiatan serupa sebelumnya. Kegiatan itu juga menyediakan tempat bagi pedagang yang hendak berjualan di sekitar area kegiatan sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi daerah.

"Pedagang akan ditata sedemikan rupa agar teratur dan tidak membeludak karena tetap kami perlu mencegah kerumunan yang sangat padat sehingga CFD tetap tertib," katanya.

Dia juga menyatakan alasan kembali digelarnya kegiatan ini adalah penurunan kasus aktif Covid-19 disertai peningkatan jumlah warga berstatus tervaksinasi ditambah tingginya minat warga. "Banyak warga yang sudah menanyakan kapan CFD digelar kembali dan sekarang momen yang tepat dengan menimbang berbagai hal, apalagi DKI Jakarta juga sudah membuka lagi CFD. Insya Allah kami pun akan kerahkan persiapan maksimal agar warga dapat menikmati kembali CFD dengan aman dan tertib untuk olahraga ataupun hanya sekadar jalan-jalan," katanya.

Yayan memastikan kesiapan personel kebersihan untuk menjaga kebersihan lingkungan, begitu pula personel Dishub untuk mengatur lalu lintas sehingga benar-benar bebas dari kendaraan bermotor serta menjaga selama penutupan jalan dan petugas Satpol PP akan menjaga dan mengamankan kegiatan. Pemerintah Kota Bekasi meminta warga yang datang ke kegiatan ini nanti untuk tetap menerapkan protokol kesehatan meski tidak ada peningkatan kasus aktif serta pemberlakuan PPKM Level 1.

Petugas Dinas Kesehatan juga akan disiagakan untuk mengakomodasi warga yang hendak melakukan vaksinasi. "Memakai masker pun penting karena Presiden Jokowi berpesan silakan buka masker di ruang terbuka namun saat tidak padat orang, maka usahakan tetap memakai masker untuk kesehatan diri sendiri begitu pun dengan menjaga jarak," ucapnya.

Yayan mengajak warga Kota Bekasi untuk datang dan kembali manfaatkan kegiatan ini. Warga diminta tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya agar semua pengunjung merasa nyaman.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA