Sunday, 9 Muharram 1444 / 07 August 2022

Cara Cerdas Memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Rabu 25 May 2022 09:21 WIB

Red: Hiru Muhammad

Bingung dan galau memang sering terjadi ketika akan memilih perguruan tinggi swasta. Apalagi jika kamu tidak berhasil atau tidak ikut SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Saat ini, banyak juga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memiliki program-program unggulan yang tidak kalah dari PTN, atau bahkan lebih baik dan menjanjikan di dunia kerja.

Bingung dan galau memang sering terjadi ketika akan memilih perguruan tinggi swasta. Apalagi jika kamu tidak berhasil atau tidak ikut SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Saat ini, banyak juga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memiliki program-program unggulan yang tidak kalah dari PTN, atau bahkan lebih baik dan menjanjikan di dunia kerja.

Foto: istimewa
Saat ini banyak perguruan tinggi yang memiliki program unggulan seperti PTN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Bingung dan galau memang sering terjadi ketika akan memilih perguruan tinggi swasta. Apalagi jika kamu tidak berhasil atau tidak ikut SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Saat ini, banyak juga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memiliki program-program unggulan yang tidak kalah dari PTN, atau bahkan lebih baik dan menjanjikan di dunia kerja. 

Mau tahu tips memilih PTS yang berkualitas? Yuk, disimak!

Baca Juga

1. Akreditasi kampus

Tips pertama adalah cari tahu akreditasi PTS yang akan kamu masuki. Pilihlah PTS dengan nilai akreditasi B (baik sekali) atau A (unggul). Akreditasi PTS menentukan kualitas lulusannya. Jadi, ada baiknya kamu cek nilai akreditasi PTS pilihan di situs resmi BAN-PT. 

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memiliki akreditasi B (Baik Sekali). Akreditasi bagi pihak kampus atau perguruan tinggi, menjadi bukti kualitas pendidikan yang mereka sediakan. 

Akreditasi memiliki sejumlah kriteria yang dijelaskan sebelumnya. Jika berhasil mendapatkan akreditasi yang tinggi, maka menjadi bukti bahwa kampus tersebut memang berkualitas. 

Hal ini seperti yang dijelaskan oleh rektor Universitas BSI, Dr Ir Moch Wahyudi, yang menjelaskan bahwa, akreditasi sangat penting bagi kampus karena menunjukkan kualitas kampusnya. “Jika kampusnya berkualitas maka orang-orang ingin kuliah di kampus tersebut,” katanya.

 2. Akreditasi jurusan

Walaupun akreditasi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sangat baik, tidak semua program studi terakreditasi A (unggul). Jurusan atau program studi baru, biasanya belum mendapatkan akreditasi dari BAN PT. Jadi, kamu juga perlu memastikan jurusan favorit kamu memiliki nilai akreditasi minimal C (baik) sebelum kamu telanjur mendaftar. 

3. Kesuksesan alumninya

Keberhasilan alumni dari suatu PTS, juga penting untuk kamu pertimbangkan. Jika kampus tersebut memiliki banyak alumni yang berprestasi, maka bisa dipastikan bahwa PTS ini memang memiliki kualitas yang baik. Citra dari alumni juga akan sangat berdampak di dunia kerja bagi para fresh graduate dari PTS tersebut.

4. Biaya kuliah

Salah salah satu tips yang terpenting dalam memilih perguruan tinggi swasta yakni dengan cari tahu biaya kuliah. Pada umumnya, biaya kuliah di PTS ternama lebih mahal dari PTS yang belum memiliki nama. Namun, banyak PTS menawarkan biaya kuliah yang terjangkau. Biaya tersebut umumnya, sudah meliputi uang semester, biaya SKS, uang buku, dan lain-lain. 

 5. Lokasi kampus

Hal lain yang tidak kalah penting dalam memilih kuliah adalah pertimbangan biaya kuliah. Selain biaya kuliah yang murah, kamu juga harus memperhatikan lokasi kampus. 

Pilih kampus yang berlokasi di sekitar daerah tempat tinggal. Hal ini menyangkut soal biaya yang akan dikeluarkan selama kuliah. Setidaknya kamu bisa menghemat biaya sewa tempat tinggal, jika kamu kuliah di PTS di daerahmu.

6. Usia kampus

Mencari informasi seputar sejarah kampus, menjadi hal yang sangat penting. Seperti salah satunya adalah melihat usia kampus dari PTS tersebut. Kamu bisa melihat tahun berapa PTS tersebut dibangun. 

Mungkin kamu berpikir untuk apa sih tahu usia PTS? Ternyata usia PTS berpengaruh terhadap kredibilitas PTS di mata masyarakat. Semakin tua usia PTS semakin bagus citra PTS. Hal ini menunjukkan bahwa PTS tersebut mampu mempertahankan kualitas dan dapat dipercaya.

7. Fasilitas kampus

Hal yang tidak kalah penting menjadi pertimbangan lainnya adalah fasilitas kampus. Sebelum mendaftar, lakukan pengecekan fasilitas kampus hingga fasilitas program studi yang dipilih. Kelengkapan fasilitas juga penting banget untuk kamu pertimbangkan dalam memilih sebuah PTS. 

8. Rekomendasi mahasiswa dan alumni

Memilih kampus dapat dilakukan dengan meminta rekomendasi atau saran dari teman maupun alumni yang telah lulus.  Kamu bisa cari tahu dari rekomendasi mahasiswa dan alumni. 

Mereka akan menginformasikan pengalaman, serta dinamika saat kuliah di PTS. Selain itu, para alumni juga akan mengulas tentang peran PTS, dalam memudahkan mereka untuk diterima dan bersaing di dunia kerja.

Nah itu  dia, beberapa tips yang dapat kamu lakukan sebelum memilih PTS. Jika kamu berminat, kamu dapat mendaftarkan diri ke salah satu perguruan tinggi swasta besar di Indonesia, yaitu Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).

Kampus ini sudah membuka PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) untuk periode perkuliahan bulan September 2022. PMB Universitas BSI sudah masuk pada gelombang 3 dan akan berakhir pada 7 Juni 2022 mendatang. 

Untuk melakukan pendaftaran, cukup mengunduh aplikasi PMB UBSI di playstore secara gratis atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA